Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kenali Penyebab Bayi Lahir Prematur

Kenali Penyebab Bayi Lahir Prematur

Kenali Penyebab Bayi Lahir Prematur. Menjelang kelahiran jabang bayi, orang tua telah menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kehadirannya di dunia. Box bayi, baju bayi, bedongan, selimut, kereta bayi dan aneka peralatan mandi pun telah tertata rapi dalam kamar bayi. Berharap ketika tiba waktunya lahir, sang bayi langsung bisa menikmati semua itu.

Namun, ketika bayi lahir sebelum hari perkiraan lahir, yaitu dibawah 37 minggu maka orang tua hendaknya sedikit bersabar dan berbesar hati menerima buah hatinya sebagai bayi prematur.

Dimana berat bayi prematur pada umumnya kurang dari 2 kg sehingga masih sangat rentan, organ tubuhnya belum siap untuk survive seorang diri dan lemaknya pun masih sedikit sehingga kurang bisa menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan dimana suhunya tidak sama dengan suhu ketika berada dalam rahim ibu.

Sebenarnya, penyebab bayi lahir prematur apa sih?

Faktor yang berasal dari ibu adalah usia ibu diatas 35 tahun. Hal ini menyebabkan risiko terjadinya komplikasi meningkat selama masa kehamilan dan risiko melahirkan secara prematur lebih tinggi 40% dibandingkan wanita dengan usia lebih muda.

Bentuk rahim yang tidak normal dimana rahim normal berbentuk buah pear, sedangkan dalam kasus ini, rahim berbentuk hati. Hal ini membuat ruang untuk tumbuh bayi dalam kandungan menjadi lebih sempit.

Penyebab bayi lahir prematur yang lain adalah kondisi psikologis ibu. Dimana stress yang tidak dikelola secara benar selama kehamilan akan berdampak pada proses kelahiran.

Ibu dengan hipertensi dan kelainan jantung pun memiliki kemungkinan melahirkan secara prematur lebih besar.

Infeksi pada v4g!na dapat menyebabkan ketuban pecah. Infeksi ini biasa disebut vaginosis bacterial. Ketika ketuban pecah, airnya merembes perlahan-lahan dan suatu ketika akan habis.

Oleh karena itu bayi harus secepatnya dilahirkan agar tidak kehabisan air ketuban dan membahayakan jiwa bayi.

Penyebab pada bayi, diantaranya adalah terdapat bayi kembar dalam rahim, terjadi gawat janin, terjadi infeksi dan pertumbuhan janin yang lambat serta tendangan bayi yang keras dimana hal ini dipicu oleh alergi dan asma.

Makanan bergizi sangat membantu untuk menghindari segala macam gangguan yang bisa terjadi pada ibu hamil yang mengakibatkan ibu melahirkan secara prematur.

Jagalah kesehatan Ibu selama masa kehamilan, segera konsultasikanke dokter bila dirasakan ada keganjilan selama masa kehamilan.

Post a Comment for "Kenali Penyebab Bayi Lahir Prematur"