Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jenis Olahraga Kehamilan dan Manfaatnya

Jenis Olahraga Kehamilan dan Manfaatnya

Jenis Olahraga Kehamilan dan Manfaatnya. Untuk menjaga agar tubuh ibu hamil selalu sehat dan bugar, selain memperhatikan asupan nutrisi, kegiatan yang dilakukannya pun perlu diperhatikan. Contohnya seperti melakukan senam atau jenis olahraga kehamilan.

Selain membantu menjaga kebugaran, senam kehamilan juga dapat mengurangi keluhan seperti sakit pinggang dan panggul.

Selain itu, senam kehamilan juga membantu memperlancar saat proses persalinan. Ada beberapa jenis olahraga kehamilan atau senam kehamilan yang bisa dilakukan,

Berikut beberapa jenis olahraga kehamilan dan manfaatnya.

Stretching

Untuk mengurangi resiko iritasi dan komplikasi kehamilan, ibu hamil disarankan untuk melakukan stretching atau peregangan.

Stretching bisa dilakukan sebagai pemanasan sebelum melakukan olahraga lain. Pada usia kehamilan trimester pertama, sangat baik melakukan olahraga streching ini.

Aerobik Ringan

Manfaat melakukan olahraga ini, selain menyehatkan jantung, aerobik ringan juga dapa meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh serta mencegah ambien. Namun disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu pada dokter sebelum melakukan senam aerobik.

Yoga

Salah satu jenis olaharaga kehamilan yang bisa dilakukan sejak awal kehamilan hingga mendekati hari kelahiran adalah yoga. Teknik-teknik relaksasi yang dilakukan saat yoga bermanfaat bagi ibu hamil dalam membantu menghadapi persalinan normal. Selain menyehatkan, senam yoga juga memberikan efek tenang dan relaks pada ibu hamil.

Senam Kegel

Jenis olahraga kehamilan berikutnya adalah senam kegel. Banyak manfaat yang didapat dari melakukan senam kegel. Senam kegel sering disarankan untuk dilakukan agar mengurangi nyeri saat hamil dan memperlancar proses persalinan. Senam kegel bisa dilakukan sejak awal kehamilan untuk memberikan hasil yang lebih optimal.

Senam Pilates

Sama seperti senam kegel, senam pilates bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit dan menguatkan otot-otot. Senam pilates membutukan pelatihan dasar, karena itu disarankan untuk memiliki instrukstur senam saat melakukan senam pilates.

Berenang

Salah satu jenis olahraga kehamilan terbaik yang dapat dilakukan oleh ibu hamil adalah berenang. Berenang membantu mengurangi nyeri dan tekanan punggung, serta kaki ibu hamil yang cepat merasa lelah.

Disamping itu, berenang atau melakukan olahraga dalam air bermanfaat bagi seluruh tubuh tanpa membuat ibu hamil terlalu capek.

Setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan dan kehamilan yang berbeda, karena itu disarankan untuk berkonsutasi terlebih dahulu pada bidan atau dokter sebelum melakukan jenis olahraga kehamilan yang dipilih.

Untuk menjaga kebugaran tubuh, dianjurkan untuk meluangkan waktunya setiap hari untuk berolahraga. Selain itu, mengingat kondisi ibu hamil yang sering berubah-ubah, maka ada baiknya untuk selalu berkonsultasi mengenai olahraga yang dilakukan.

Post a Comment for "Jenis Olahraga Kehamilan dan Manfaatnya"