Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jangan Remehkan Bayi yang Cacingan

Jangan Remehkan Bayi yang Cacingan

Jangan Remehkan Bayi yang Cacingan. Salah satu hal yang seringkali di khawatirkan oleh seorang ibu adalah perihal bayi yang cacingan. Namun ada pula yang meremehkan hal tersebut. Padahal bayi yang cacingan jangan sampai diremehkan.

Anak cacingan bisa menjadi masalah kekurangan gizi dan masalah dibagian pencernaan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala anak cacingan sejak awal.

Pada umumnya, bayi yang cacingan biasanya akan sulit sekali untuk bertambah berat badan sehingga jika dibiarkan dapat menyebabkan anak menjadi kekurangan gizi.

Bayi yang cacingan juga akan sering mengalami diare dan sakit dibagian perut. Dan tidak hanya itu, karena anak cacingan juga dapat mengalami anemia karena kekurangan darah akibat di serap oleh cacing terutama oleh cacing tambang.

Dan ciri umum lainnya adalah hilangnya nafsu makan dan sering merasa lemas serta loyo.

Cacingan tersebut terjadi karena terinfeksinya tubuh bayi oleh cacing parasit, yaitu seperti cacing kremi, cacing pita, cacing gelang dan cacing tambang.

Infeksi tersebut dapat masuk ke dalam tubuh bayi melalui makanan atau pori-pori tubuh bayi, serta lingkungan yang tidak higienis dan kurangnya memperhatikan kebersihan.

Jangan Remehkan Bayi yang Cacingan

Selain itu masih ada lagi ciri bayi cacingan seperti diantaranya:

  • Bayi sering terlihat lesu, lemas dan pucat. Hal tersebut bisa disebabkan oleh cacing pada bayi yang bersifat parasit yang menghisap darah yang ada didalam pembuluh darah bayi.
  • Bayi seringkali rewel dan terlihat tidak nyaman. Jika bayi anda terlihat tidak nyaman bisa jadi penyebabnya adalah dubur bayi yang terasa gatal dan merupakan salah satu gejala cacingan.
  • Perut bayi membuncit tapi badan terlihat kurus. Hal tersebut seringkali menjadikan bayi terlihat seperti bayi kurang gizi.
  • Batuk yang berkepanjangan. Hal tersebut dapat terjadi bila cacing telah menginfeksi paru-paru, sehingga dapat mengganggu sistem pernafasan bayi.
  • Bayi mengalami gangguan pada lambung, seperti diare, perut kembung dan susah buang air besar. Hal tersebut terjadi karena cacing pada bayi telah mengganggu metabolisme pada pencernaan bayi.

Jika buah hati anda mengalami beberapa gejala seperti diatas, maka sebaiknya ibu segera periksakan bayi ke dokter anak.

Jangan sampai ibu menyepelekan cacingan karena infeksi cacing yang dibiarkan akan terus meluar pada tubuh bayi, serta hal tersebut dapat menyebabkan kematian pada bayi.

Biasakan pola hidup sehat, menjaga kebersihan tubuh dan menjaga sanitasi lingkungan. Selain itu perhatikan asupan nutrisi pada bayi anda.

Post a Comment for "Jangan Remehkan Bayi yang Cacingan"