Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ini Bunda Penyebab Nyeri Saat Persalinan

Ini Bunda Penyebab Nyeri Saat Persalinan

Ini Bunda Penyebab Nyeri Saat Persalinan. Ketakutan yang sering dihadapi oleh para ibu yang akan melalui proses persalinan adalah rasa takut saat melahirkan. Melahirkan dan rasa sakit seperti dua sisi koin yang tidak bisa dipisahkan.

Saat bersalin, terjadi pelebaran dan peregangan pada mulut rahim. Otot-otot di sekitar rahim akan berkontraksi dan menegang untuk mendorong bayi keluar.

Selama kontraksi, tulang belakang, kandung kemih, rectum, hingga tulang pubik akan mendapat tekanan yang sangat kuat dari rahim. Begitu pula saat kepala bayi bergerak turun ke bawah, maka saluran rahim juga akan menerima banyak tekanan sehingga membuat si Ibu kesakitan.

Untuk itu pada artikel kali ini, saya akan memberikan paparan tentang penyebab nyeri saat persalinan. Disimak ya bunda cantik :).

Penyebab nyeri saat persalinan

Menurut para ahli, penyebab nyeri saat persalinan merupakan akibat dari kerusakan jaringan nyata. Selama proses persalinan, ada beberapa tahapan rasa sakit yang akan dilewati.

Tahap pertama adalah pembukaan, rasa sakit yang timbul saat pembukaan biasanya terjadi karena peregangan pada mulut rahim dan kontraksi pada rahim.

Tahap kedua adalah kelahiran, rasa sakit yang timbul saat tahap ini disebabkan karena peregangan pada panggul dan pengguntingan bibir kewanitaan atau perineum jika diperlukan.

Tahap selanjutnya adalah saat pelepasan plasenta, sedangkan rasa sakit yang terakhir timbul saat penjahitan pada luka perineum.

Rasa sakit yang muncul bisa dirasakan dari area bawah punggung, pada bagian bawah perut termasuk area kaki. Beberapa ibu merasakan rasa sakit ini seperti perut kram yang sangat para saat haid dan gangguan saluran pencernaan seperti diare.

Adanya kepala bayi pada area kewanitaan inilah yang menyebabkan rasa sakit ini. jaringan yang ada pada area kewanitaan, anus, dan perineum terentang kencang hingga terbuka karena terdorongnya kepala bayi keluar.

Sakit yang dirasakan saat melahirkan ini disebabkan oleh perobekan jaringan-jaringan ini.

Ada beberapa hal yang bisa membuat sakit yang dirasakan semakin parah, antara lain:

1. Faktor fisik

Saat melakukan persalinan dengan episitomi, maka penggunaan induksi dan alat bantu lain seperti vacum agar bayi dapat dikeluarkan, serta posisi pemutaran posisi bayi akibat bayi sungsang membuat ibu kehabisan banyak tenaga sehingga cepat merasa lapar dan haus.

2. Faktor psikologis

Saat melalui persalinan sendiri tanpa didampingi suami atau keluarga bisa membuat persalinan lebih terasa berat bagi si Ibu. Karena itu, dukungan dari suami serta keluarga untuk menguatkan saat proses melahirkan sangat dibutuhkan.

3. Faktor tenaga medis

Tenaga medis juga bisa menjadi faktor bertambahnya rasa sakit yang dirasakan saat persalinan. Tenaga medis yang kurang bersahabat pada ibu hamil bisa semakin membuat stress sehingga ibu yang akan melahirkan tidak bisa merasa relaks.

Kurangnya pemahaman tentang penggunaan alat-alat serta prosedur persalinan juga menjadi penyebab lainnya.

Demikian bunda informasi penyebab nyeri saat persalinan. Semoga menambah wawasan bunda sebelum proses persalinan.

Post a Comment for "Ini Bunda Penyebab Nyeri Saat Persalinan"