Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ciri Perkembangan Anak Berbakat

Ciri Perkembangan Anak Berbakat

Ciri Perkembangan Anak Berbakat. Ibu biasanya kadang mengeluhkan jika sang anak berperilaku lincah atau kadang sulit untuk di atur. Anak dimasa pertumbuhan yang biasanya sering asik sendiri dengan hal baru atau cukup menantang dan bertingkah enerjik dengan hal-hal yang menarik perhatiannya.

Namun kadang uring-uringan jika hal tersebut sudah pernah dilakukan sebelumnya atau tidak menarik baginya. Ibu tidak perlu khawatir dengan tingkah pola anak anda yang seperti itu. Bisa jadi bahwa anak anda termasuk dalam anak berbakat.

Sebab anak berbakat adalah anak yang menunjukkan kemampuan yang luar biasa dalam bidang intelektual (level IQ>130; Level IQ normal adalah 90-110), termasuk anak yang kreatif dan berprestasi sangat istimewa dalam akademis tertentu.

Ciri Perkembangan Anak Berbakat

Biasanya juga disertai dengan kemampuan memimpin atau berprestasi luar biasa dalam bidang seni. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan seorang anak menjadi anak berbakat, yaitu seperti:

  • Faktor genetik
  • Kemampuan memahami simbol-simbol
  • Adanya kesempatan untuk mengembangkan bakat yang dimiliki
  • Mendapat dukungan dari orang tua untuk mengembangkan bakat tersebut
  • Adanya aktivitas yang dapat mengakomodasi bakatnya
  • Adanya pengaruh positif dari teman sebaya atau lingkungannya terhadap bakat yang dimiliki.

Dari beberapa faktor seperti diatas, dapat disimpulkan bahwa anak berbakat memiliki kepribadian yang baik, cenderung sensitif dan mudah berempati.

Mereka juga biasanya akan sangat perfeksionis, sangat akurat dan mengedepankan logika, tekun serta gigih dalam mengejakan hal yang menantang dan menarik baginya.

Selain itu, anak berbakat juga akan sangat bersemangat ketika mempelajari hal-hal baru dan tidak begitu sulit untuk menuruti instruksi atau aturan yang telah diberikan. Terkadang mereka juga akan bawel karena aktif bertanya.

Tidak hanya itu, karena anak berbakat juga akan sangat kreatif dan senang permainan konstruktif atau menciptakan sesuatu hal. Misalnya saja bermain lego yang dibentuk menjadi semisal robot-robotan, jerapah, kereta api, mobil atau tanpa mencontoh pola.

Oleh karena itu, jika anak anda mengalami beberapa hal seperti beberapa faktor diatas, lebih baik untuk mengetes IQ nya agar anda tidak perlu khawatir lagi.

Dengan kerjasama dan saling mendukung antara sekolah dan orang tua akan sangat mempengaruhi sikap, kepribadian dan prestasi anak berbakat di kemudian harinya.

Post a Comment for "Ciri Perkembangan Anak Berbakat"