Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bahaya Radiasi Ponsel Pada Bayi

Bahaya Radiasi Ponsel Pada Bayi

Bahaya Radiasi Ponsel Pada Bayi. Sekarang ini keseharian kita tidak bisa terpisahkan dengan ponsel. Bahkan ponsel sudah menjadi sahabat sejati yang selalu menemani apapun dan dimanapun aktivitas kita.

Dari bangun tidur sampai mau tidur bisa dipastikan ponsel selalu ada disisi kita. Bahkan parahnya ada orang yang jika sebentar saja ia tidak memegang ponselnya, ia seperti orang linglung.

Meski begitu, ponsel memiliki gelombang elektomagnetik yang memiliki efek negatif bagi kesehatan manusia terutama efek bahaya radiasi ponsel pada bayi.

Bahaya radiasi ponsel pada bayi

Hal ini dibenarkan oleh para ahli komunikasi, namun tak sedikit para ilmuwan yang membantah pernyataan ini karena tidak ada penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Namun akhir-akhir ini, penelitian yang dilakukan Universitas Yale, Amerika menunjukan bahwa penggunaan ponsel pada wanita hamil ternyata berdampak buruk bagi kesehatan janin dan kandungannya.

Penelitian ini dilakukan dengan menguji coba pada tikus yang sedang mengandung. Saat bayi tikus lahir, diperoleh hasil bayi tikus tersebut bermasalah pada otak dan perilakunya.

Bagi para ibu hamil, mengingat bahaya radiasi yang dipancarkan ponsel pada kesehatan janin, maka dianjurkan tidak meletakan ponselnya dalam saku yang dekat dengan perutnya.

Untuk mengurangi radiasi yang timbul, ibu hamil juga disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan ponselnya.

Efek negatif yang ditimbulkan dari radiasi ponsel tersebut mempengaruhi perkembangan otak janin, menimbulkan rasa cemas, menyebabkan gangguan pada daya ingat (memori), hiperaktiv pada bayi, hingga gangguan perilaku.

Paparan radiasi ini mungkin tidak terlalu berdampak pada otak orang dewasa, namun beda kondisinya dengan otak bayi yang masih rapuh dan lebih sensitif. Terlebih jika si Ibu sering mengoperasikan ponselnya sehingga radiasi yang diterima oleh bayi semakin tinggi.

Tentu saja hal ini perlu penelitian yang lebih mendalam lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih jelas bagaimana mekanisme dan apa yang terjadi sampai-sampai radiasi ponsel ini berbahaya bagi kesehatan janin.

Selain itu, informasi seberapa besar toleransi radiasi ponsel yang aman dan diperbolehkan bagi ibu hamil supaya tidak menganggu kesehatan janinnya.

Untuk lebih berjaga-jaga, tentu saja ibu harus menyikapi hal tersebut dengan lebih bijak;

  • Ada baiknya menggunakan ponsel sesuai kebutuhan, dan matikan ponsel jika tidak sedang digunakan. Disamping itu, lebih baik jangan menaruh ponsel di saku celana atau baju yang berada dekat area perut.
  • Tidak terlalu sering memainkan ponselnya untuk meminimalkan resiko dan bahaya yang mungkin terjadi.
  • Jauhkan ponsel dengan tubuh saat tidur, terlebih pada daerah dekat kepala.
  • Saat menggunakan ponsel terutama saat menyalakan fasilitas bluetooth, lebih baik jauhkan ponsel dari tubuh. Meski paparan radiasi yang dipancarkan cenderung rendah, namun untuk berhati-hati lebih baik menjauhinya.

Demikian bunda bahaya radiasi ponsel pada bayi. Gunakan gadget sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan dalam menggunakan.

Post a Comment for "Bahaya Radiasi Ponsel Pada Bayi"