Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Saja Penyebab Bayi Menangis?

Apa Saja Penyebab Bayi Menangis?

Apa Saja Penyebab Bayi Menangis? Penyebab Bayi Menangis banyak sekali, biasanya si ibu mengetahui ciri tangisan bayi tertentu, karena memang tangisan bayi memiliki ciri tersendiri.

Bayi yang belum bisa bicara biasanya menangis karena lapar, tangisannya akan terdengar panjang atau ketika bayi merasa takut, tangisannya akan terdengar lebih keras.

Bayi yang terus menangis dan didiamkan akan membuat bayi menjadi stres, namun jika terkadang, bayi memang butuh menangis sebagai “olahraga”.

Pada intinya, membiarkan bayi menangis itu boleh, namun jangan terlalu sering dan terlalu lama, ini akan membuatnya tertekan dan stres.

Bayi yang dibiarkan terus menangis juga akan menganggap bahwa hanya dengan menangis dia bisa mengekspresikan emosinya, dalam arti lain bayi itu akan tumbuh menjadi anak yang cengeng.

Hiburlah anak yang sedang menangis, jika memang dia merasa sepi, dekap dan peluklah dengan kasih sayang.

Takut juga termasuk Penyebab Bayi Menangis

Bayi juga memiliki rasa takut, mendengar atau melihat sesuatu yang menurut mereka mengerikan mungkin akan membuatnya menangis.

Hal yang salah yang biasa dilakukan orang tua adalah memberikan pemahaman bahwa bayi tidak boleh cengeng. Menangis itu adalah hal yang wajar, apalagi untuk bayi, biarkan dia menangis, namun jangan dibuat berlarut-larut.

Katakanlah “wajar kalau kamu takut, ibu mengerti” dan diamkan dia dengan cara yang menyenangkan. Menangis itu tidak salah, jangan buat mereka merasa lemah karena menangis.

Rasa takut juga muncul karena bayi sering “ditakut-takuti” dan akhirnya dia menjadi penakut dan cengeng. Misalnya si Ibu berkata “ih, awas ada tikus”, jika Ibu sering berkata seperti itu, bayi akan tumbuh menjadi anak yang takut tikus, bahkan menangis jika ditaku-takuti tikus.

Menangis karena Sakit

Penyebab Bayi Menangis yang membuat bingung adalah sakit, apalagi jika bayi belum bisa berbicara, dia tidak bisa mengatakan apa dan dimana yang sakit.

Jika mengalami hal ini, jangan panik, kenali gerakan tangan atau gerakan tubuhnya. Mungkin jika dia terus memegang perut , rasa sakit itu ada disana.

Namun hal yang terbaik yang harus dilakukan adalah membawa bayi langsung ke dokter anak, dokter akan memeriksa dan akan segera menemukan masalahnya. Jangan menyepelekan tangisan bayi dan jangan mendiamkan terlalu lama bayi menangis.

Bayi juga membutuhkan kenyamanan dan rasa aman, itu akan dia rasakan jika dia berada disisi ibunya. Buatlah bayi merasa nyaman dan tangisannya akan mereda.

Post a Comment for "Apa Saja Penyebab Bayi Menangis?"