Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tanda Kehamilan Yang Sehat

5 Tanda Kehamilan yang Sehat

5 Tanda Kehamilan yang Sehat. Bunda sedang hamil muda? tentu saja selalu terpikirkan apakah kandungan bunda sehat atau tidak. Ada beberapa tanda yang bisa bunda rasakan dan lihat yang bisa menandakan bahwa kehamilan bunda sehat dan normal.

Dengan mengetahui tanda-tanda kehamilan secara mandiri, akan mendukung kesehatan kehamilan bunda. Dalam artikel kali ini sayangbayiku.com akan memberikan 5 tanda kehamilan yang sehat.

Berikut beberapa tanda-tanda kehamilan yang sehat :

1. Berat Badan

Kenaikan berat badan seorang Ibu hamil normal terjadi. Kenaikan berat badan yang disarankan oleh dokter sekitar 13-15 kg pada Ibu hamil.

Sedangkan pada wanita yang kelebihan berat badan, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter agar kesehatan bunda dan Janin akan tetap terjaga kesehatannya selama masa kehamilan.

2. Tekanan dan Kadar Gula Darah

Tekanan dan kadar gula darah yang berubah juga hal yang umum terjadi pada seorang Ibu hamil, namun perubahannya juga tidak drastis.

Dua hal ini sangat penting bagi kesehatan bunda dan Janin. Jika terjadi peruabahan yang cukup drastis pada tekanan dan kadar gula darah selama masa kehamilan, lebih baik segera diperiksakan pada dokter terkait.

Lebih lagi pada bunda yang memang memiliki riwayat penyakit yang berkaitan dengan dua hal ini.

3. Hormon

Perubahan-perubahan secara fisik dan psikologis yang dirasakan saat kehamilan ini merupakan efek yang terjadi pada perubahan hormon selama kehamilan. Salah satunya yaitu hormon progesteron yang bisa mencapai hingga 400 mg saat hamil.

Selain hormon progesteron, ada juga hormon estrogen yang penting bagi Ibu hamil, yaitu berperan membentuk jaringan dan menampung janin dalam perut.

4. Rahim dan Plasenta

Kehamilan yang sehat tentu saja juga bermula dari rahim dan plasenta yang sehat pula. Menjaga kesehatan rahim bisa dilakukan jauh hari dengan pola hidup sehat yang dilakukan.

Bagi bunda yang memiliki riwayat kesehatan yang berhubungan dengan rahim, sebelum merencanakan kehamilan disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu.

5. Pertumbuhan dan Pergerakan Janin

Kehamilan yang sehat bisa dilihat juga dari pertumbuhan si janin. Bunda bisa memantaunya dengan melakukan pemeriksaan USG.

Jika terdapat gangguan kehamilan seperti kurangnya oksigen pada rahim, harus dikonsultasikan segera dengan dokter terkait. Terganggunya fungsi plasenta juga berisiko pada kesehatan bunda dan janin.

Pada usia kehamilan minggu ke 6 dan ke 10, Ibu hamil akan mulai merasakan pergerakan janin. Dengan usia kehamilan yang bertambah, melakukan pemeriksaan pergerakan janin dan ukuran perut sangat penting untuk dilakukan agar mengetahui apakah janin tumbuh dengan normal atau tidak, karena pergerakan janin dianggap sebagai kehamilan yang sehat.

Post a Comment for "5 Tanda Kehamilan Yang Sehat"