Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tanda Bayi Sudah Bisa Mengenali Ibunya

5 Tanda Bayi Sudah Bisa Mengenali Ibunya

5 Tanda Bayi Sudah Bisa Mengenali Ibunya. Saat bayi memasuki usia 2 bulan, ia sudah bisa mengenali keberadaan orang-orang disekitarnya, tentu saja ibunya lah yang paling ia kenali. Ibu merupakan orang yang paling dekat dan ia kenal, ia selalu merasa nyaman berada dipelukan ibunya.

Nah, darimana si kecil sudah bisa mengenali ibunya? pada artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai tanda-tanda bayi sudah bisa mengenali ibunya, simak ya bunda.

Berikut tanda-tanda bayi sudah bisa mengenali ibunya:

Kontak Mata

Bayi baru lahir sangat senang menatap ibunya, karena itu saat ibu menggendongnya, lakukanlah kontak mata dengannya. Saling menatap bisa mendekatkan hubungan emosional antara ibu dan bayinya. Karena itu, sesering mungkin lakukanlah kontak mata dengannya, termasuk saat menyusui.

Karena tatapan mata ini bagi bayi merupakan bentuk kasih sayang yang ia rasakan dari ibunya dan dari tatapan mata ini juga ia mengetahui keberadaan ibunya sehingga ia akan merasa nyaman dan aman. Tatapan mata bayi tersebut juga menandakan bayi sudah bisa mengenali ibunya.

Aroma Tubuh

Saat bayi sudah merasa nyaman dalam pelukan dan gendongan ibunya, artinya bayi sudah bisa mengenali ibunya. Saat ia dipeluk, ternyata bayi juga belajar mengenali aroma tubuh ibunya.

Karena itu, jangan heran jika bayi akan menolak atau menangis saat dipeluk atau digendong orang lain, karena bayi sudah mengenali keberadaan ibunya dengan aroma tubuh yang ia kenal.

Senyum

Saat ibu bermain-main dengan si kecil hingga ia tersenyum maupun tertawa, artinya bayi sudah bisa mengenali ibunya sebagai orang terdekat. Senyuman yang ia berikan seakan-akan memberitahu pada Ibu adalah orang yang ia cintai.

Membuatnya tersenyum melalui permainan juga melatihnya berinteraksi, yang mana ia akan memberikan respon pada aktivitas menarik yang ditunjukan padanya.

Berbicara

Meski ia belum sempurna dalam berbicara, namun saat bayi mengeluarkan suara seakan-akan ia berbicara pada Ibu. Saat ia merasakan keberadaan ibunya, ia seakan-akan mengajak berbicara dan mencari perhatian ibunya. Saat ia seperti mencoba berbicara, berilah respon positif padanya.

Menggenggam Tangan

Saat tangan mungil seorang bayi menggenggam jari ibunya, ia merasakan kenyamanan dan keamanan akan keberadaan ibu. Semakin kuat pegangan jari jemarinya, artinya ia semakin ingin diperhatikan.

Jadi saat ia menggenggam jari-jari Ibu, berilah respon dengan mengusap atau menciumnya sehingga ia akan semakin merasa nyaman.

Demikian bunda informasi tentang 5 tanda bayi sudah bisa mengenali ibunya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Post a Comment for "5 Tanda Bayi Sudah Bisa Mengenali Ibunya"