Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

3 Hal Wajib Dilakukan Saat Istirahat Siang Hari

3 Hal Wajib Dilakukan Saat Istirahat Siang Hari – 3 Hal Wajib Dilakukan Saat Istirahat Siang Agar Tubuh Tetap Fit Sepanjang Hari. Istirahat siang adalah momen terbaik untuk menjaga tubuh tetap sehat dan produktif sepanjang hari. Namun sayang, banyak diantara kita yang kurang mengoptimalkannya.

Tidak sedikit orang yang melewatkan waktu istirahat siangnya dengan tetap melakukan aktivitas kerja, bisnis maupun kegiatan lain di kampus. Hal itu dilakukan karena beranggapan istirahat bisa dilakukan sekalian saja saat semua pekerjaan sudah beres, yakni di sore hari atau malam hari.

Ternyata, anggapan itu kurang tepat dan disarankan untuk diperbaiki dengan kebiasaan baru yang lebih baik. Aktivitas yang wajib anda lakukan ketika memasuki jam istirahat siang, antara lain :

1. Sholat

Kegiatan sholat memang merupakan sebuah ibadah wajib bagi setiap muslim. Disamping bernilai ibadah, sholat pada waktu jam istirahat siang (dhuhur) memiliki manfaat untuk kesehatan seseorang.

Gerak pada sholat memungkinkan tubuh mengalami peregangan secara optimal setelah bekerja sejak pagi, misalnya duduk atau berdiri dalam waktu lama. Selain itu memungkinkan emosi (mood) seseorang menjadi lebih segar dan terhindar dari depresi.

2. Makan Siang

Waktu istirahat siang adalah waktu yang tepat untuk makan dengan porsi lebih besar dibanding sarapan dan makan malam. Karena pada waktu ini organ pencernaan berada pada fase maksimal.

Kesempatan makan siang ini dapat digunakan untuk memakan berbagai asupan nutrisi termasuk karbohidrat lebih banyak dibanding pagi dan malam hari. Terlebih bagi orang yang menjalani diet.

3. Napping

Sebagaimana disinggung pada posting sebelumnya tentang manfaat Napping atau tidur siang sejenak. Maka pergunakan waktu istirahat siang, 10 hingga 15 menit untuk terlelap sejenak.

Meskipun hanya sebentar, berbagai referensi menyebutkan bahwa napping bermanfaat untuk memulihkan kinerja otak dan kesigapan gerak otot tubuh. Hal ini tentunya bermanfaat untuk menghindari kejelakaan kerja serta produktivitas.

Badan sehat bermula dari kebiasaan dan perilaku sehat serta kedisiplinan dalam menghargai waktu yang ada.

Posting Komentar untuk "3 Hal Wajib Dilakukan Saat Istirahat Siang Hari"