Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Makanan Yg Mengandung Vitamin D

Makanan Yg Mengandung Vitamin D

Makanan Yg Mengandung Vitamin D. Dalam fungsinya Vitamin D sangat berguna dalam menguatkan tulang. Kebanyakan orang tahu kalau Vitamin D banyak terdapat pada sinar matahari pada pagi hari.

Bagaimana dengan Vitamin D yang terdapat pada makanan dan berapa banyak sebenarnya Vitamin D yang kita butuhkan. WHO menyatakan bahwa setiap harinya manusia membutuhkan sekitar 400 IU Vitamin D perhari.

Namun baru-baru ini sebuah studi terbaru di Amerika menyatakan bahwa manusia memerlukan 1700 IU Vitamin D perharinya demi kestabilan kesehatannya karena Vitamin D mengandung zat tertentu yang bersifat super-protektif, ungkap salah satu peneliti, Michael Melamed, MD., assistant professor of medicine, epidemiology and population health, Albert Einstein College of Medicine di New York City, AS.

Berikut ini adalah makanan yang bisa membantu kita dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan Vitamin D.

1. Jus Jeruk

Mungkin kita sering minum jus ini, karena memang rasanya segar dan nikmat. Namun tahukah anda jika ternyata jus jeruk yang sering kita minum banyak mengandung Vitamin D.

Mungkin jika dilihat dari rasanya jeruk banyak mengandung Vitamin C dan antioksidan yang sangat efektif dalam mencegah penyakit dan meningkatkan system imun.

1 gelas jus jeruk mengandung 100 IU Vitamin D, itu dapat memenuhi 25% kebutuhan tubuh perharinya. Maka dari itu minum jus jeruk secara rutin agar kesehatan lebih terjaga.

2. Salmon

Banyak orang yang sudah mengetahui jika salmon memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. umumnya orang mengetahui salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik dalam mencegah penyakit jantung, kanker dan depresi.

Salmon juga mengandung vitamin D yang sangat tinggi yaitu sekitar 360 IU, dengan mengonsumsi ini kita sudah bisa memenuhi 90% kebutuhan tubuh akan Vitamin D perharinya.

3. Telur

Telur merupakan makanan dengan harga terjangkau dan memiliki nutrisi tinggi dalam menjaga kesehatan tubuh. Telur mengandung protein tinggi dan juga bisa memberikan efek kenyang yang tahan lama.

Selain itu ternyata telur juga mengandung Vitamin D yaitu sekitar 20 IU, dengan ini kita bisa memenuhi 6% kebutuhan tubuh akan vitamin D. Vitamin ini terdapat pada kuning telur, maka dari itu jangan membuang bagian kuningnya.

4. Tiram

Tiram merupakan makanan dengan harga yang relative tinggi namun memiliki khasiat yang begitu luar biasa. Jika dibandingkan dengan udang tiram memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi.

Tiram kaya akan vitamin D yaitu per 85 gram tiram terdapat 272 IU vitamin D, jumlah ini mampu memenuhi 68% kebutuhan tubuh akan vitamin D setiap harinya.

Selain itu jenis makanan seafood seperti ini juga bisa dijadikan sebagai makanan pembangkit gairah seksual atau disebut dengan makanan Aphrodisiac alian.

Dengan tiram juga anda bisa merawat kesehatan mata, rambut dan kuku karena tiram sebagai sumber zat mineral zinc.

5. Keju Swiss

Keju swiss memiliki harga yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan keju yang dijual di pasaran. Keju swiss mengandung 12 IU vitamin D dalam 1 lembarnya, dengan ini bisa memenuhi 4% kebutuhan tubuh akan vitamin D per harinya.

Yang membuat keju ini berbeda dengan keju pada umumnya adalah proses pembuatannya. Proses pembuatan keju swiss dilakukan secara alami sehingga kandungan sodiumnya jauh lebih rendah.

6. Sereal

Sereal memang sangat cocok jika digunakan sebagai menu sarapan setiap hari, apalagi jika anda adalah jenis orang yang ingin praktis dan simple.

Penyajian sereal sangat mudah dan cepat yaitu hanya dengan menambahkan susu. Selain itu sereal juga mengandung 40 IU vitamin D, dengan mengonsumsi sereal anda telah memenuhi 10ri kebutuhan tubuh akan vitamin D setiap harinya.

Ada lagi, dalam sereal anda juga bisa memperoleh energy, yang dihasilkan dari zat besi dan vitamin B.

7. Tuna Kaleng

Tuna kaleng merupakan makanan yang mudah didapatkan karena sudah banyak tersedia di berbagai supermarket, selain itu harganya juga relative terjangkau.

Tuna kaleng mengandung vitamin D yang cukup tinggi. Dalam setiap 85 gramnya terdapat 200 IU vitamin D atau cukup untuk memenuhi 50ri kebutuhan harian tubuh akan vitamin D.

Selain itu tuna kaleng juga sebagai sumber protein tinggi dan mengandung omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan.

8. Udang

Udang merupakan makanan yang sangat lezat. Selain itu udang juga dapat diolah menjadi berbagai makanan, misalnya dengan dijadikan salad, digoreng, dibakar dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengolahnya sesuai dengan selera anda. dalam 85 gram udang terdapat 129 IU vitamin D, ini berarti anda sudah memenuhi sekitar 32% kebutuhan tubuh akan vitamin D setiap hari.

Udang juga sangat baik dalam meningkatkan system imun tubuh karena udang mengandung protein tinggi dan zinc.

9. Susu

Susu termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Artinya tanpa adanya konsumsi susu, kebutuhan nutrisi tubuh belum lengkap terpenuhi.

Jika kita lihat setiap 1 gelas susu yang kita minum mengandung 98 IU vitamin D, ini setara dengan 25% kebutuhan harian tubuh. Selain itu, dalam suatu penelitian ternyata susu juga mampu mencegah terjadinya kanker payudara pada wanita.

Hal ini terbukti wanita yang minum susu 10 gelas atau lebih per minggu ketika usia remaja dan 20-an, mereka memiliki resiko yang sangat rendah terhadap kanker payudara.

10. Minyak Ikan

Kita mungkin tahu bahwa minyak ikan banyak digunakan oleh ibu untuk mengembalikan nafsu makan pada anak. Namun bagi orang yang awam dan belum pernah menggunakan atau memakainya, dengan mencium baunya saja mungkin sudah tidak tahan.

Memang minyak ikan memiliki bau yang sangat tajam, namun tahukah anda jika ternyata dibalik baunya yang menyengat minyak ikan memiliki manfaat yang sangat luar biasa.

Coba hitung, dalam 1 sendok saja, minyak ikan mengandung 1360 IU vitamin D, padahal tubuh setiap harinya hanya membutuhkan sekitar 400 IU, jadi ada sekitar 340% vitamin D yang anda konsumsi setiap harinya.

Selain itu minyak ikan juga mampu mencegah dan melindungi diri dari penyakit jantung, Alzheimer dan depresi, hal ini disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 yang sangat tinggi.

Posting Komentar untuk "Makanan Yg Mengandung Vitamin D"