Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kehidupan

Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kehidupan

Ketahui gangguan kulit akibat sinar matahari. Berbagai dampak negatif pada kulit dapat terjadi akibat dari paparan sinar matahari. Masalah-masalah pada kulit akan terjadi selain bisa membuat warna kulit anda akan berubah menjadi lebih gelap. 

Gangguan Kulit Akibat Sinar Matahari

Selain itu bila terkena sinar terik matahari yang sangat panas dan menyengat maka kulit juga akan berwarna lebih gelap lagi. Sebagai cara yang dapat anda lakukan untuk meminimalisir masalah tersebut, anda dapat melindungi diri anda dari terik matahari yang sangat panas. 

Agar kulit tidak menjadi gelap dan masalah kulit lainnya terjadi maka yang dapat anda lakukan adalah segera menyiapkan kacamata, payung, topi, syal dan lain sebagainya untuk digunakan. 

Selain itu sebagai pelindung tambahan anda dapat menggunakan hand and body lotion ke tubuh anda. Agar beragam gangguan kulit tidak terjadi hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan.

Teriknya sinar matahari janganlah anda anggap remeh. Berbagai gangguan kulit akan mengancam anda selain bisa menyebabkan kulit menjadi lebih gelap. 

Oleh karena itu agar kesehatan kulit anda tidak ingin mempunyai masalah maka jangan lupa untuk menggunakan pelindung untuk melindungi kulit. 

Beberapa efek samping dari terik matahari akan dirasakan oleh kulit jika anda tidak melindunginya dengan baik seperti komedo, flek hitam, dan kulit akan cepat menjadi keriput. Oleh karena itu paparan sinar matahari yang berlebih maka semua gangguan itu harus anda tepikan.

Dengan menggunakan pelindung seperti syal, losion kusus antisinar ultraviolet, pemakaian topi dan pelindung lainnya merupakan alternatif lain agar gangguan kulit tidak terjadi.

Akibat sinar matahari dapat mengintai kulit sehingga beberapa gangguan akan terjadi.

1. Terbakar Matahari

Kulit akan bisa terbakar oleh matahari apabila terlalu banyak terkena paparan dari sinar ultraviolet. Lapisan kulit terdalam sinar bisa menembus ke dalamnya, sehingga di kulit terjadi pembakaran sel-sel hidup. 

Kemerahan dan benjolan akan terjadi akibat dari pada wilayah yang terbakar aliran darahnya meningkat karena adanya proses dalam perbaikan kerusakan pada kulit. 

Jika anda merasa kulit anda terbakar matahari janganlah menganggap enteng. Jika tidak anda rawat dengan segera maka kerusakan dapat menjadi sulit untuk disembuhkan.

2. Komedo

Komedo juga merupakan gangguan kulit akibat efek dari paparan sinar matahari yang berlebih. Pada ujung dahi dan hidung biasanya komedo berlebih ini muncul.

3. Flek Hitam

Bintik-bintik hitam yang bisa mengganggu penampilan anda akan muncul karena terjadinya paparan sinar matahari. Pada pipi atau kaki dan lengan biasanya bintik-bintik hitam ini bisa terlihat pada permukaan wajah. 

Mereka yang sering terpapar sinar matahari secara rutin merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Gejala awal dari keriput bisa terjadi akibat dari gangguan kulit yakni flek hitam ini.

4. Belang

Karena sinar ultraviolet pada kulit anda maka ini merupakan tanda yang bisa menunjukkan kerusakan pada kulit apabila anda menemukan belang pada kulit anda. 

Pigmen penghasil bintik hitam pada kulit akan dihasilkan dari sel-sel melanosit yang memproduksi melanin saat kulit anda terkena sinar matahari. 

Pada tahap selanjutnya akan menyebabkan luka bakar matahari apabila belang pada kulit yang disertai dengan warna kemerahan bila tidak segera disembuhkan.

5. Kulit kasar

Sel kolagen akan dapat rusak karena jauh ke dalam kulit sinar matahari telah tertembus ke dalamnya. Kulit akan menjadi kasar dan kering akibat dari hal ini. 

Yang merusak kelancaran dari sel-sel kulit sinar matahari juga menyerap kelembaban tersebut. Anda tidak mudah untuk memperbaikinya apabila kolagen telah rusak. 

Untuk memperbaiki dari gangguan kulit ini, perbaikan sel-sel tersebut perlu beberapa bulan atau hitungan tahun.

6. Keriput

Keriput merupakan gangguan kulit sebagai salah satu dari efek matahari yang terjadi pada kulit. Kelembaban akan hilang, menjadi kasar pada kulit serta rusaknya kolagen. 

Pembentukan kerutan akan terjadi karena kondisi tersebut. Yang mencengangkan adalah sinar ultraviolet merupakan penyebab dari penuaan kulit sebesar 75 hingga 80 persen. Bila ada yang kurang tentang gangguan kulit ini silahkan berkomentar.

Post a Comment for "Bahaya Sinar Ultraviolet Bagi Kehidupan"