Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mencegah Pilek

Cara Mencegah Pilek, pasti setiap orang pernah merasakan penyakit yang satu ini. apabila kita terserang pilek mungkin merasa tidak enak. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang-sekarang resiko untuk terserang penyakit pilek lebih besar.

Pilek merupakan salah satu penyakit yang paling umum yang paling sering menyerang kesehatan manusia. Biasanya penyakit pilek juga yang menyebabkan banyak orang untuk tidak masuk bekerja atau masuk sekolah.

Apa sih biasanya yang menyebabkan penyakit pilek? Pilek biasanya disebabkan oleh infeksi dari virus, lebih dari 200 jenis virus yang berbeda dapat menyebabkan gejala pilek. Virus yang menyebabkan pilek ini datang dari orang ke orang melalui tetesan lendir yang kecil kemudian masuk ke saluran pernafasan.

Selain itu virus yang menyebabkan pilek juga bisa menyebar melalui kontak dengan orang yang sudah terinfeksi pilek.

Pasti setiap penyakit punya cara pencegahan sendiri, lalu bagaimana cara mencegah pilek agar setidaknya kita bisa terhindar dari penyakit pilek? Berikut adalah cara mencegah pilek yang mungkin bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh kita :

Sering Mencuci Tangan, ini mungkin termasuk salah satu cara mencegah pilek yang terbaik. Setelah kita menjalankan kegiatan seperti berbelanja, jalan-jalan ataupun yang lainnya, sempatkan lah untuk mencuci tangan.

Dengan sering mencuci tangan terutama memakai sabun maka dapat membersihkan virus dan bakteri yang menempel setelah menyentuh permukaan yang telah di sentuh oleh orang lain.

Jangan Merokok, dengan tidak merokok juga merupakan salah satu cara mencegah pilek, ini karena asap rokok dapat mengganggu saluran pernafasan dan juga meningkatkan untuk terserang pilek dan infeksi lainnya.

Dan apabila kita tidak merokok sebaiknya hindari orang yang merokok, karena dengan menghisap asap rokok dari orang lain dapat membuat kita terutama anak-anak lebih rentan untuk terserang penyakit pilek.

Hindari Timbulnya Stres, dengan menghindari stres juga merupakan cara mencegah pilek, berdasarkan sebuah penelitian menunjukan bahwa apabila orang-orang mengalami stres atau kekecewaan emosional maka dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh, sehingga lebih mudah untuk terserang penyakit pilek dibandingkan orang-orang yang lebih tenang.

Membersihkan Peralatan Rumah Tangga, cara mencegah pilek juga bisa dengan membersihkan peralatan rumah tangga dan peralatan di rumah yang lainnya seperti, tempat cuci piring, permukaan meja, remote televisi, telepon, pegangan pintu, laci dan yang lainnya.

Tempat-tempat tersebut dapat dikatakan sebagai tempat berlabuhnya virus setelah dipegang oleh orang yang terinfeksi pilek.

Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat, cara mencegah pilek yang paling penting adalah menjaga tubuh kita agar tetap sehat, seperti tidur atau istirahat yang cukup, gizi yang baik dan juga berolahraga maka dapat membantu sistem imun atau sistem kekebalan tubuh tetap terjaga dan dalam keadaan baik, sehingga terjauh dari virus-virus penyebab penyakit, salah satunya penyakit pilek.

Cara Mencegah Pilek

Selain tadi telah disebutkan beberapa cara mencegah pilek, cara mencegah pilek bisa juga dengan banyak meminum air putih dan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung mineral terutama di musim penghujan seperti saat ini seperti kacang-kacangan, ikan dan sayuran.

Itulah tadi beberapa tips cara mencegah pilek. Namun mungkin yang paling penting dari cara mencegah pilek adalah kita harus selalu bersikap positif, karena dengan kita bersikap positif dan tetap bersemangat menjalani hari-hari, maka tubuh kita mungkin akan tetap sehat dan terjauh dari berbagai penyakit.

Semoga tulisan cara mencegah pilek ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan juga terima kasih karena telah membaca tulisan cara mencegah pilek.

Post a Comment for "Cara Mencegah Pilek"