Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mencegah Dan Mengatasi Ambeien

Cara Mencegah Dan Mengatasi Ambeien

Cara Mencegah Dan Mengatasi Ambeien. Cara Mencegah Ambeien Dan Cara Mengatasi Ambeien, apabila kita menderita jenis penyakit yang satu ini yaitu ambeien, mungkin kita merasa terganggu. penyakit ini bisa dibilang cukup menyakitkan dan juga menyusahkan, karena memberikan rasa yang tidak nyaman saat kita sedang duduk ataupun mengganggu karena sakit saat kita melakukan buang air besar.

Penyakit ambeien atau wasir ini dalam istilah kedokteran dapat disebut juga dengan Hemorhoidsoids”. Gangguan penyakit ambeien atau biasa disebut juga dengan wasir ini terjadi karena pembuluh-pembuluh darah yang terdapat di daerah sekitar anus, kemudian melebar akibat aliran darah ke jantung yang terhambat.

Pembuluh yang melebar tersebut akan ditutupi oleh selaput lendir, kulit dan jaringan ikat atau otot polos yang kemudian membengkak hingga membentuk sebuah tonjolan.

Dalam hal cara mencegah ambeien dan cara mengatasi ambeien, penyebab penyakit ambeien bisa bermacam-macam, seperti :

  • Sembelit yang terlalu lama, apabila feses terlalu keras maka dapat mengakibatkan ambeien, ini karena saat BAB kita membutuhkan tekanan yang lebih keras pada lubang anus yang mungkin terlalu kecil, sehingga pembuluh vena kita akan mudah mengalami pembengkakan.
  • Diare yang berkepanjangan atau diare yang terlalu lama akan membuat anus tidak elastis lagi sehingga akan lebih mudah untuk menderita penyakit ambeien atau wasir.
  • Langsung beraktifitas berat setelah kita melakukan buang air besar.
  • Terlalu sering atau terlalu banyak mengejan atau sering juga dikatakan “ngeden” saat buang air besar.
  • Faktor keturunan, beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa ambeien atau wasir dapat disebabkan oleh faktor keturunan, walaupun memang tidak sepenuhnya semuanya ambeien disebabkan oleh faktor keturunan.

Penyakit ambeien juga memiliki gejala-gejala tertentu apabila kita mulai merasakannya. Dan gejala penyakit ini bermacam-macam juga tergantung dari tingkat keparahannya. Gejalanya seperti :

Pada bagian anus akan terasa sakit, dan ini merupakan gejala yang paling umum sering ditemukan. Pendarahan pada dubur, jika dubur kita sudah mulai mengeluarkan darah, maka kita memang sudah benar-benar menderita penyakit ambeien.

Di saat kita menderita penyakit ambeien, biasanya kita akan merasakan gatal yang disebabkan oleh bakteri yang sangat mudah menyerang area dubur.

Biasanya juga penyakit ambeien terdiri dari 2 macam. Ada yang dinamakan ambeien luar dan ada juga yang dinamakan ambeien dalam. Biasanya, pada ambeien dalam pembuluh darah akan ditutupi oleh selaput lendir yang basah dan terdapat di dalam anus.

Dalam tahap awal memang ambeien tidak terlihat dari luar, namun jika telah membesar makan akan menonjol keluar, dan itu dinamakan dengan ambeien luar.

Seperti hal penyakit lainnya, penyakit ambeien juga dapat dicegah, dan berikut adalah cara mencegah ambeien yang cukup sederhana :

Mengkonsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Serat, dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak memiliki kandungan serat, sangat baik dalam hal cara mencegah ambeien. Karena serat dalam makanan seperti sayur-sayuran dan juga buah-buahan dapat membantu proses pencernaan.

Jangan Mengejan/Ngeden Berlebihan, dalam cara mencegah ambeien sebaiknya apabila kita sulit buang air besar yang mungkin disebabkan oleh feses yang terlalu keras, maka jangan memaksakan untuk mengejan secara berlebihan, karena akan menimbulkan awal mula dari gejala penyakit ambeien.

Hindari Duduk Terlalu Lama, cara mencegah ambeien sebaiknya kita jangan duduk terlalu lama, dan apabila memang kita harus duduk dalam waktu yang cukup lama, maka kita harus beristirahat setidaknya 2 jam sekali selama 15 menit. Karena apabila kita duduk terlalu lama maka akan menyebabkan timbulnya penyakit ambeien.

Minum Air Putih Yang Cukup, cara mencegah ambeien sebaiknya kita harus minum air putih yang cukup setidaknya sampai 8 atau 10 gelas perharinya. Ini karena air putih dapat membantu proses pencernaan tubuh kita.

Selain cara mencegah ambeien di atas. Sebaiknya bagi para penderita ambeien, dalam hal cara mencegah ambeien, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh para penderita ambeien, agar penyakit ambeien pun tidak semakin parah. Yaitu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang pedas serta makanan asam yang berlebih, lalu jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan seperti sereal, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak berlebihan dan juga jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang terlalu panas.

Selain cara mencegah ambeien, terdapat juga cara mengatasi ambeien yang cukup sederhana, dan caranya adalah sebagai berikut :

1. Berendam Dengan Air Hangat cara mengatasi ambient sebaiknya kita biarkan tubuh kita untuk berendam dengan menggunakan air hangat, ini karena air hangat selain dapat mengurangi pembengkakan juga dapat membunuh bakteri yang terdapat pada bagian anus.

2. Menggunakan Obat

cara mengatasi ambeien juga dapat menggunakan obat, seperti halnya mengoleskan krim anusol di sekitar daerah anus, dan biasanya krim ini dapat kita dapatkan di apotek-apotek terdekat rumah kita.

Selain cara mengatasi ambeien yang cukup sederhana tadi, dalam hal cara mengatasi ambeien yang cukup besar, biasanya perlu ditangani dengan tindakan medis. Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi ambeien, yang biasa diterapkan dalam beberapa tindakan medis :

1. Skleroterapi

cara mengatasi ambeien yang satu ini, yaitu menyuntikan cairan kimia ke sekeliling area pembuluh darah yang dapat berfungsi untuk mengecilkan ambeien.

2. Infra Merah

cara mengatasi ambeien juga dapat dilakukan dengan pembekuan menggunakan infra merah. Sebuah perangkat infra merah ini digunakan dan berfungsi untuk membakar jaringan ambeien

3. Hemoroidektomi

cara mengatasi ambeien yang satu ini merupakan cara yang menempuh jalur operasi, dan membedah untuk membuang ambeien.

Itulah tadi beberapa cara mencegah ambeien dan juga cara mengatasi ambeien yang mungkin dapat membantu masalah kita, terutama bagi para penderita ambeien. Dan sebaiknya bagi kita yang tidak mempunyai penyakit ambeien, kita harus mencegah dan melakukan pencegahan-pencegahan.

Semoga tulisan cara mengatasi ambeien dan cara mencegah ambeien ini dapat bermanfaat untuk semua pembacanya, dan terima kasih karena telah membaca tulisan cara mencegah ambeien dan cara mengatasi ambeien.

Posting Komentar untuk "Cara Mencegah Dan Mengatasi Ambeien"