Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Beberapa Penyebab Gangguan Dengar

Beberapa Penyebab Gangguan Dengar

Beberapa Penyebab Gangguan Dengar. Selain disebabkan oleh kelainan bawaan, gangguan dengar juga bisa disebabkan oleh bising yang berlebih antara lain :

Penggunaan telepon genggam (Hp), dalam pertemuan tahunan American ORL dikatakan bahwa penelitian terhadap 100 orang pengguna Hp selama 1 tahun terdapat gangguan pendengaran selama lebih dari 12 bulan. Dan penggunaan Hp lebih dari 60 menit/hari dapat menyebabkan gangguan pendengaran lebih buruk daripada penggunaan kurang dari 60 menit/hari.

Hiburan musik, menurut Royal National Institute for Deaf People/RNID (inggris) dikatakan bahwa 90% anak muda yang gemar pergi ke tempat hiburan malam menderita gangguan pendengaran. Untuk diketahui musik di club, cafe dan diskotik intensitasnya lebih dari 110 dB.

Tempat bermain anak di mall, menurut Komnas Penanggulangan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT) tempat bermain anak di mall rata-rata kebisingannya lebih dari 90 – 100 dB. 

Alat hiburan seperti MP3, iPod, Music Player, dengan ratusan lagu dan baterai yang kuat serta penggunaan yang berjam-jam dapat berakibat terjadinya gangguan dengar pada remaja.

Volume maksimum alat-alat ini 100-105 dB. Sebagai gambaran besarnya skala desibel (dB) pada berbagai bunyi dapat dilihat di bawah ini :

dB Keterangan 180 Roket Saturnus 140 Pesawat jet 115 Tangisan bayi 110 Konser rock, gergaji listrik dan klakson mobil 105 Maks volume iPod 100 Mesin bor 90 Orkestra 85 Lalu lintas ramai 80 Suara keras 40 Ruangan kantor 30 Suara berbisik 20 Desir angin di alam bebas 

Gejala awal gangguan dengar :

  • Telinga terasa tertutup/tersumbat 
  • Telinga berdenging 
  • Berbicara dengan suara keras 
  • Sering meminta lawan bicara untuk mengulang ucapannya 

Cara mencegah gangguan dengar :

  1. Istirahat dari bising selama minimal 10 menit setiap 1 jam jam setelah paparan bising
  2. Berikan waktu untuk telinga “recovery” setelah paparan suara yang sangat keras, misalnya untuk bising 100 dB selama 2 jam diperlukan waktu untuk recovery minimal 16 jam untuk menghindari ketulian yang permanen
  3. Berdiri jauh dari pengeras suara
  4. Jangan terlalu sering pergi ke tempat yang bising
  5. Gunakan fasilitas earphone atau speaker pada penggunaan Hp serta atur volume dan waktu penggunaan Hp
  6. Untuk penggunaan iPod, MP3 dan music player, cara yang aman adalah sebagai berikut :

Gunakan rumus 60:60 yaitu gunakan hanya 60ri volume maksimal selama 60 menit perhari Ganti earphone dengan headphone

Jangan memasang volume terlalu keras sehingga kita tidak bisa mendengar suara lain di sekeliling.

Post a Comment for "Beberapa Penyebab Gangguan Dengar"