Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Tips Menyusui Di Tempat Umum

Tips Menyusui Di Tempat Umum
 

Tips Menyusui Di Tempat Umum. ASI sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembang bayi. Karena didalamnya mengandung berbagai nutrisi penting yang sangat mendukung si kecil.

Selain manfaat manfaat yang penting untuk perkembangan fisik bayi, menyusui juga dapat membangun dan mempererat ikatan batin antar Ibu dan bayi. Karena itu tidak heran disarankan untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan kepada si kecil.

Tak jarang, pemberian ASI pada si kecil ini tidak mengenal waktu dan tempat. Sering sekali para ibu menemukan dirinya pada kondisi ia harus menyusui bayinya, namun ia berada di tempat umum.

Lalu bagaimana tips dan trik untuk mengatasi kondisi tersebut? Pada kali ini akan saya berikan tips menyusui di tempat umum untuk mengatasi kondisi tersebut.

Berikut ini ada beberapa tips menyusui di tempat umum:

Menyiapkan perlengkapan yang mendukung

Tips menyusui di tempat umum pertama yang harus ibu lakukan adalah menyiapkan beberapa perlengkapan agar merasa lebih nyaman saat menyusui di tempat umum seperti baju menyusui, apron menyusui, dan poncho menyusui.

Sekarang ini sudah banyak sekali model model baju busui, atau baju yang memiliki kancing di bagian depan sehingga cukup friendly bagi ibu ibu menyusui. Jika tidak memiliki perlengkapan tersebut, ibu cukup menggunakan selimut bayi dengan ukuran yang cukup lebar.

Berlatih di rumah

Kadang bayi merasa tak nyaman saat menyusu di tempat umum, mungkin karena ibu harus menutupi bagian payudara ibu sehingga si kecil pun kurang leluasa untuk menyusu.

Untuk melatih bayi dengan kondisi tersebut, ibu dapat melatih menyusuinya mengenakan baju menyusui dan apron menyusui, sehingga saat ia menyusu di tempat umum, cukup terbiasa dengan kondisi tersebut.

Mengenakan baju yang nyaman

Ibu dapat memilih baju-baju busui friendly sehingga memudahkan ibu untuk menyusui si kecil. Jika tidak memiliki baju menyusui, setidaknya ibu dapat mengenakan baju yang longgar dan mudah dibuka seperti kemeja.

Mengenali situasi dan kondisi lokasi tujuan

Saat ibu hendak pergi ke suatu tempat, usahakan untuk mengetahui situasi serta kondisi lokasi tersebut. Cari tau ruangan menyusui (nursing room) sehingga ibu juga dapat menyesuaikan perlengkapan menyusui yang dibawa, karena biasanya nursing room cukup nyaman dan tertutup dari publik sehingga ibu tidak perlu repot membawa perlengkapan seperti selimut bayi atau lainnya.

Di beberapa negara memiliki kebijakan nya sendiri mengenai menyusui di tempat umum, sedangkan di Indonesia sendiri Ibu cukup mudah untuk menyusui kapanpun dan dimanapun. Namun, sebisa mungkin hindari menyusui di toilet.

Demikian beberapa tips menyusui di tempat umum. Semoga bermanfaat dan membantu ibu ibu semua ya.

 

Posting Komentar untuk "Tips Menyusui Di Tempat Umum"