Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sering Kentut saat Hamil, Atasi dengan 5 Tips Ini

Sering Kentut saat Hamil, Atasi dengan 5 Tips Ini
Sering Kentut saat Hamil, Atasi dengan 5 Tips Ini. Gangguan pencernaan merupakan salah satu keluhan yang kerap dialami para ibu selama masa kehamilannya.

Diare, perut kembung, bergas, konstipasi atau susah BAB, dan maag, adalah beberapa contoh masalah pencernaan yang timbul akibat perubahan metabolisme tubuh seiring dengan tumbuh kembang janin yang ada dalam kandungannya.

Di antara problem pencernaan tersebut, sering kentut (buang angin) adalah keluhan yang paling meresahkan, terutama bagi para ibu hamil yang masih tetap bekerja dan sering berkumpul di khalayak ramai.

Sering kentut atau tak bisa menahan keluarnya kentut bisa membuat Anda malu, apalagi bila kentut yang keluar menimbulkan suara dan bau yang kuat. Jika Anda tak ingin reputasi Anda hancur karenanya ketahuan kentut oleh orang di sekitar Anda, berikut ini ikutilah tips dan trik mengatasi sering kentut saat hamil dengan mudah.

Sering Kentut saat Hamil

Sering kentut saat hamil dapat terjadi akibat ukuran rahim yang mengalami pembesaran seiring dengan tahapan perkembangan janin. Pembesaran rahim ini menyebabkan Anda hanya punya sedikit ruang dalam perut yang dapat digunakan untuk memproduksi dan menyimpan gas.

Sesuai dengan penyebabnya itu, sering kentut saat hamil biasanya hanya akan dialami oleh para ibu yang telah memasuki usia kehamilan trimester ketiga. Adapun gejala yang dialami sebelum mendapat keluhan ini, para ibu umumnya akan terlebih dahulu mengalami perut kembung, kram perut, dan diare.

Sering kentut saat hamil harus diatasi karena sangat mengganggu aktivitas. Berikut ini beberapa cara ampuh mengatasi sering kentut saat hamil beserta penjelasannya. Silakan disimak!

1. Perhatikan Jenis Makanan

Untuk mengatasi masalah sering kentut saat hamil, satu hal utama yang harus Anda perhatikan adalah memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi.

Makanan makanan yang banyak mengandung gas atau akan menghasilkan gas saat dicerna sebaiknya dihindari di masa kehamilan. Beberapa contoh makanan tersebut misalnya talas, singkong, kol, tape, ubi jalar, dan lobak.

2. Atur Pola Makan

Selain memperhatikan jenis makanan, untuk mengatasi sering kentut saat hamil, Anda juga perlu mengatur pola makan. Makan dalam porsi sedikit tapi sering lebih baik dibandingkan makan banyak sekaligus. Makan banyak sekaligus akan membuat usus bekerja lebih ekstra sehingga gas yang dihasilkan akan lebih banyak.

3. Hindari Pakaian Ketat

Selama hamil, usahakanlah untuk selalu mengenakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat. Selain dapat mengatasi gerah saat hamil, mengenakan pakaian khusus ibu hamil juga dapat mengurangi perut kembung dan produksi gas dalam usus besar.

4. Minum Air Hangat

Konsumsi makanan dan minuman hangat juga bisa menjadi alternatif dalam mengatasi keluhan sering kentut pada ibu hamil. Makanan dan minuman hangat cukup efektif untuk menekan produksi gas dalam usus besar dan mengubah sebagian besar gas yang ada menjadi berwujud padat.

5. Olahraga Rutin

Olahraga secara rutin dapat mengoptimalkan sistem pencernaan tubuh dan membuat produksi gas menjadi berkurang. Jika Anda mengalami masalah sering kentut saat hamil, melakukan olahraga yang aman untuk ibu hamil seperti berenang, yoga, pilates, dan jalan sehat mungkin akan banyak membantu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi keluhan sering kentut saat hamil. Keluhan ini memang tidak membahayakan bagi janin dan ibunya, namun jika dibiarkan begitu saja tanpa penanganan, hari-hari Anda pasti akan menjadi tidak nyaman.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengatasinya dengan cara sederhana di atas. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Sering Kentut saat Hamil, Atasi dengan 5 Tips Ini"