Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Senam Air Bagi Ibu Hamil

Senam Air Bagi Ibu Hamil
 

Senam Air Bagi Ibu Hamil. Seorang wanita yang memasuki masa kehamilan biasanya mengalami beberapa keluhan. Keluhan yang biasa dialami misalnya pegal-pegal pada panggul dan sakit punggung.

Semakin besar dan beratnya janin yang tumbuh dalam perut si Ibu, bertambah pula rasa sakit yang dirasakan dan akibatnya menganggu aktifitas dan tidur si Ibu.

Untuk mengurangi keluhan sakit punggung dan panggul tersebut, justru ibu hamil tidak disarankan untuk tidur terus atau istirahat berlebihan. Untuk menjaga kebugaran dan mengurangi keluhan sakit yang dialami oleh ibu hamil, mereka disarankan untuk tetap melakukan kegiatan atau olahraga ringan, seperti senam kehamilan.

Saat ini sudah banyak jenis-jenis senam kehamilan yang bisa dilakukan, salah satunya alternatif senam air bagi ibu hamil.

Senam air bagi ibu hamil merupakan pilihan yang baik bagi ibu hamil untuk menjaga stamina. Senam air bagi ibu hamil dilakukan di kolam renang yang memang didesain khusus bagi ibu hamil.

Manfaat senam ini bagi ibu hamil bisa membuat tubuh lebih bugar dan sehat. Dengan senam air ini juga bisa mengurangi cedera bagi ibu hamil karena tidak memberikan beban berlebih pada sendi dan tulang. Hal ini karena air memberi tekanan pada otot sehingga membantu kekuatan otot ibu hamil.

Berikut beberapa gerakan senam air bagi ibu hamil yang bisa dilakukan:

Floating Frog

Gerakan floating frog bermanfaat untuk memperkuat pundak, lengan, paha serta bokong. Untuk melakukan gerakan ini ibu memerlukan alat seperti pool noodle.

Caranya pasangkan pool noddle pada punggung belakang dan tarik melewati sela-sela tangan ke arah depan. Kemudian tempelkan kedua kaki, lalu sandarkan tubuh pada pool noddle, tarik kaki ke permukaan air sembari menghembuskan nafas.

Setelah itu, luruskan kedua kaki sambil menghirup udara. Gerakan floating frog mirip dengan gerakan katak.

Pendulum Cross

Manfaat gerakan ini agar pundak, lengan, bokong serta paha semakin kuat. Cara melakukan gerakan ini dengan menekan paha bagian dalam dan luar.

Ibu juga dapat melakukan gerakan ini dengan cara berdiri dengan posisi kedua tangan berada di pinggul lalu dorong perut ke bawah dan ke atas. Lalu ayunkan kaki kanan ke kanan dan ke kiri.

Sembari melakukan itu, ayunkan kedua tangan berbeda arah dengan kaki. Kemudian lompat lompat kecil dengan kaki kiri sebagai tumpuan.

Cross Country Ski

Sama seperti gerakan lainnya, gerakan cross country ski membantu memperkuat pundak, lengan, serta bokong, paha dan betis.

Gerakan ini dilakukan dengan melakukan posisi berdiri sedikit membungkuk, ayunkan kaki kanan ke arah depan dengan lutut yang ditekuk dan dorong kaki kiri ke arah belakang.

Lalu ayunkan kedua tangan berlawanan arah dengan kaki. Intinya lakukan seperti berjalan dalam air.

Demikian artikel tentang manfaat senam air bagi ibu hamil, semoga menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk bunda.

Post a Comment for "Senam Air Bagi Ibu Hamil"