Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Permainan Untuk Bayi Cerdas

Permainan Untuk Bayi Cerdas

Permainan Untuk Bayi Cerdas. Dunia anak memang pada dasarnya adalah dunia bermain. Bahkan sejak mereka masih bayi, mereka sudah dapat menikmati permainan.

Anak-anak pun sebenarnya setiap kali bermain, tidak hanya sekedar bermain. Mereka selalu mendapat sesuatu yang baru melalui aktivitas tersebut.

Berbagai jenis permainan pun mulai bermunculan yang tak hanya berguna sebagai media bermain anak, akan tetapi juga mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak-anak seperti perkembangan motorik dan kognitif anak.

Kali ini akan dibahas tentang Permainan Untuk Bayi Cerdas.

Mainan untuk anak tidak hanya membuat anak-anak menikmati permainannya saja, tetapi juga dapat mengembangkan kecerdasannya.

Permainan ini sangat berguna untuk menambah kemampuan berbahasa anak-anak. Ketika si kecil sedang tenang, cobalah untuk menunjukan kartu bergambar tersebut sambil mengulang ulang nama dari gambar yang ada.

Ibu dapat mengajaknya bermain dengan kartu bergambar 5-10 per hari. Jika si kecil mulai terlihat bosan, biarkan ia melakukan aktivitas yang lain.

Bayi sangat senang melihat ekspresi wajah ketika kita bercerita atau berbicara padanya. Dengan memperkenalkan buku sejak dini kepadanya, akan meningkatkan ketrampilan berbahasanya.

Sembari menceritakan hal-hal yang ada di buku kepada si kecil, ibu dapat membuat ekspresi wajah dan merubah intonasi suara sehingga ia semakin tertarik.

Jika ia sudah mampu mengeluarkan suara dan memberi respon, ajaklah ia berbicara seakan-akan ibu mengerti maksud ocehannya. Biarkan si kecil meraba dan memegang bukunya sendiri, itu juga dapat menstimulasi indra perabanya.

Banyak bayi yang menyukai acara mandi mereka. Seringkali mereka terlihat sangat senang ketika mendengar percikan air. Untuk membuat acara mandi mereka semakin menyenangkan, ajaklah ia bermain gelembung sabun.

Ibu dapat membuat gelembung sabun dari sabun yang dicampur air, lalu letakan di telapak tangan, dan tiupkan gelembung sabun ke udara. Mereka akan sangat senang melihat gelembung-gelembung tersebut beterbangan dan mencoba menangkapnya. Acara mandi si kecil pun semakin menyenangkan.

Semakin hari si kecil semakin pintar saja. Ketika ia sudah bisa merangkak, rasa ingin tahunya semakin besar. Ia mulai tidak bisa diam menjelajah semua ruangan di rumah dan mencari benda-benda yang tersembunyi.

Ini juga bisa ide permainan yang baik untuknya. Letakan mainan favoritnya dibalik pintu, biarkan terlihat sedikit, ia pun akan semakin bersemangat merangkak untuk meraihnya dan menjerit kesenangan ketika menemukannya.

Selain permainan kucing dan tikus, ibu juga bisa mencoba permainan ‘ayo tangkap aku’. Misalnya saja dengan meletakan mainan favoritnya beberapa sentimeter di hadapannya, lalu ketika ia hampir meraihnya, jauhkan beberapa sentimeter lagi darinya.

Jika si kecil mulai lelah dan bosan, berikan mainan itu padanya dan berikan pujian serta kecupan sayang untuknya.

Post a Comment for "Permainan Untuk Bayi Cerdas"