Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perawatan Kulit Ketika Hamil

Perawatan Kulit Ketika Hamil
 

Perawatan Kulit Ketika Hamil. Perubahan hormon yang terjadi saat hamil memiliki dampak yang berbeda-beda pada tiap wanita. Banyak yang mengatakan kehamilan membuat ibu terlihat lebih cantik dan rambut yang sehat dan berkilau.

Namun bagi sebagian ibu hamil, dampak perubahan hormon ini malah menyebabkan wajah berjerawat, kusam, dan timbulnya noda hitam. Karena itu, perawatan kulit dan kecantikan perlu tetap dilakukan saat hamil.

Tapi banyak juga ibu hamil yang mengabaikan perawatan tubuh mereka sendiri karena takut berdampak buruk bagi kandungan mereka. Untuk itu pada artikel kali ini, saya akan memberikan beberapa tips perawatan kulit ketika hamil. Mari disimak ya bu, untuk menambah wawasan.

Berikut ini beberapa tips perawatan kulit ketika hamil :

Membersihkan kulit

Untuk perawatan kulit wajah ibu hamil, disarankan menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung gliserin atau residu. Jika kulit terasa kering, gunakan pembersih yang tidak mengandung sabun serta lembut dan melembabkan.

Untuk menghindari kulit menjadi terlalu kering, basuhlah wajah dengan pembersih wajah tidak lebih dari dua kali sehari.

Jerawat dan muka berminyak

Agar tak berjerawat dan berminyak, ada tips perawatan kulit ketika hamil pada wajah berjerawat dan berminyak. Biasakanlah mencuci muka dua kali sehari menggunakan mild cleanser (pembersih wajah ringan).

Gunakan air hangat untuk membilas dan membersihkannya, dan lakukan dengan lembut saat mengusap wajah. Jika rambut sering terpapar pada daerah wajah, ibu bisa mengubah gaya rambut agar tidak selalu terpapar ke daerah wajah.

Hindari meremas, mimijit, atau memegang karena kebiasaan tersebut hanya akan memperparah jerawat, menyebabkan infeksi, dan jaringan parut. Jika ingin menggunakan perawatan dengan obat-obatan, lebih baik gunakan perawatan alami terlebih dahulu seperti penggunaan masker madu, masker telur, maupun masker apel atau lainnya.

Jika menggunakan obat-obat berbahan kimia, sangat disarankan untuk mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter karena obat jerawat cukup rawan bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya.

Jika anda menggunakan kosmetik selama kehamilan, pilihlah kosmetik yang berbahan dasar seperti air, nonacnegenic atau noncomedogenic.

Melindungi kulit dari sinar matahari

Selanjutnya tips perawatan kulit ketika hamil adalah cara melindungi kulit dari sinar matahari.

Hal penting lain yang perlu dilakukan adalah pemakaian pelembab untuk melindungi dari pancaran sinar matahari langsung. Setidaknya ibu dapat memilih pelembab dengan kandungan SPF 15 dan dapat mengatasi sinar UVA dan UVB.

Saat hamil, hormon pemicu tumbuhnya sel-sel pigmen juga mengalami peningkatan. Hal ini tentu dapat memicu munculnya jerawat dan “topeng” saat hamil.

Penggunaan tabir surya menjadi pilihan yang tepat untuk menghindari perubahan warna kulit.

Simple Make Up

Bagi ibu yang tidak bisa keluar tanpa ber-make up terlebih dahulu, ibu dapat melakukannya dengan simple make up. Ibu dapat memilih make up multiguna, misalnya saja seperti pemilihan foundation yang juga berfungsi menutup noda, serta memiliki kandungan pelembab didalamnya.

Untuk memoles pada mata, bibir dan pipi, ibu dapat menggunakan pensil chubby. Untuk lipstik, jangan lupa gunakan lipstik yang mengandung pelembab dan tabir surya.

Penggunaan Kosmetik

Tips perawatan kulit ketika hamil berikutnya adalah penggunaan kosmetik. Ibu hamil agar lebih berhati-hati dalam penggunaan kosmetik, selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter obat-obat yang ibu gunakan, termasuk kosmetik.

Selalu periksa cara penggunaan, bahan kosmetik yang digunakan apakah aman bagi ibu hamil atau tidak, dan jika perlu periksa bahan-bahan dasar kosmetik tersebut.

Demikian beberapa tips perawatan kulit ketika hamil. Semoga bermanfaat dan membantu ibu semua.

Post a Comment for "Perawatan Kulit Ketika Hamil"