Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pencegahan Janin Meninggal Dalam Kandungan

Pencegahan Janin Meninggal Dalam Kandungan
 

Pencegahan Janin Meninggal Dalam Kandungan. Janin meninggal dalam kandungan dalam istilah kedokteran dikenal dengan Intrauterin Fetal Death (IUFD).

Kasus kematian janin ini berbeda dengan keguguran yang biasanya terjadi di trimester pertama. Kematian janin dalam kandungan terjadi ketika usia kehamilan sudah lebih dari 20 minggu, atau pada trimester kedua, atau terjadi ketika usia telah mendekati usia persalinan yaitu usia kehamilan 8 bulan.

Karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk selalu menjaga kesehatan kandungannya. Jika imunitas semakin melemah, dikhawatirkan akan berdampak pada janin dan menyebakan janin meninggal dalam kandungan. Untuk itu saya akan mengulas tentang cara pencegahan janin meninggal dalam kandungan.

Berikut beberapa langkah untuk pencegahan janin meninggal dalam kandungan:

1. Beristirahat cukup selama masa kehamilan

Salah satu cara untuk pencegahan janin meninggal dalam kandungan adalah dengan beristirahat cukup, baik bagi ibu hamil maupun orang biasa. Hal ini berkaitan dengan kekebalan tubuh dalam melawan berbagai penyakit.

Jika tubuh kurang istirahat, maka tubuh akan cepat lelah dan lesu sehingga sistem imun tubuh berkurang dan infeksi mikroorganisme dapat dengan mudah menyerang tubuh, dan bahkan dapat berdampak langsung pada kesehatan perkembangan janin. Karena itu cukup istirahat sangat diperlukan, apalagi bagi ibu yang pernah memiliki riwayat keguguran.

2. Hindari rokok dan alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol merupakan kebiasaan yang buruk bagi tubuh, bahkan bagi seseorang yang tidak hamil.

Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan rendah, meningkatkan resiko lahir cacat mental, dan dapat menyebabkan komplikasi kehamilan yang lebih serius seperti pendarahan ketika hamil, dan meningkatkan resiko kematian janin dan ibu hamil.

3. Memeriksaan kesehatan sebelum hamil

Memeriksakan kesehatan sebelum hamil juga penting untuk dilakukan. Hal ini terkait dengan menurunkan resiko gangguan kesehatan yang dapat terjadi ketika hamil, sehingga ibu bisa lebih memperhatikan kesehatan dan pola hidup sehat selama masa kehamilan.

Misalnya saja ketika ibu terdeteksi memiliki riwayat tekanan darah tinggi, maka untuk menghindari gangguan kesehatan yang dapat berdampak juga pada janin, ibu dapat mengontrol kandungan garam, serta menghindari stress dan cemas berlebih.

Post a Comment for "Pencegahan Janin Meninggal Dalam Kandungan"