Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pemilihan Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 10-11 bulan

Pemilihan Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 10-11 bulan
Pemilihan Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 10-11 bulan. Semakin bertambah usia bayi, semakin bertambah pula kebutuhan gizinya.

Pada bayi usia 10 bulan, perkembangan motoriknya sudah sangat berkembang. Hal ini harus diimbangi dengan perubahan konsistensi makanan pendamping untuk bayi usia 10-11 bulan yang harus semakin ditingkatkan kepadatannya.

Pada usia ini, pemberian makanan pendamping ASI berupa bubur halus mulai dikurangi frekuensinya, sedangkan pemberian tim saring mulai ditingkatkan.

Bubur susu cukup diberikan satu kali sehari sebanyak 50 gram, sedangkan jus buah dan tim saring masing-masing diberikan dengan frekuensi sebanyak dua kali perhari dengan jumlah pemberian sebanyak 50 ml atau 50 gram setiap porsinya.

Frekuensi menyusui disesuaikan dengan keinginan bayi. Tetap berikan ASI apabila bayi meminta. Namun biasanya seiring bertambahnya makanan yang dikonsumsi bayi, maka keinginan bayi untuk menyusu akan berkurang dengan sendirinya, sehingga frekuensi menyusui akan berkurang dengan sendirinya sesuai umur bayi tanpa perlu pembatasan keinginan bayi untuk menyusu.

Pada usia 10 bulan, telur sudah dapat mulai diberikan sebagai makanan pendamping ASI untuk bayi usia 10-11 bulan. Walaupun demikian, telur hanya boleh diberikan di bagian kuningnya saja.

Hindari pemberian bagian putih telur, karena kandungan protein yang tinggi pada putih telur dapat memicu timbulnya alergi pada bayi.

Menginjak usia 11 bulan, pemberian bubur susu sudah dapat ditinggalkan. Sebagai gantinya, diberikan tim kasar diberikan kepada bayi dengan intensitas pemberian sebanyak satu kali setiap harinya sebanyak 50 gram per porsinya.

Pemberian daging giling, keju, yoghurt, dan pudding pun juga sudah dapat diberikan pada usia ini, untuk mendukung kebutuhan akan makanan sumber zat besi yang juga semakin meningkat.

Penyajian makanan berupa tim kasar di usia 11 bulan ini sebaiknya diberikan dengan ukuran yang dapat digigit oleh bayi. Pemberian beraneka ragam sayuran yang dicincang juga dapat mulai diberikan sebagai pengenalan akan berbagai macam rasa makanan.

Namun demikian, pemberian makanan di usia 11 bulan ini masih tetap harus diberikan tanpa menggunakan bumbu. Pemberian makanan dengan bumbu dapat dimulai ketika bayi sudah dapat mengonsumsi makanan padat atau usia diatas 1 tahun.

Post a Comment for "Pemilihan Makanan Pendamping ASI untuk Bayi Usia 10-11 bulan"