Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pemenuhan Kebutuhan Lemak Selama Kehamilan

Pemenuhan Kebutuhan Lemak Selama Kehamilan
Pemenuhan Kebutuhan Lemak Selama Kehamilan. Lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat ditakuti dan dihindari oleh banyak orang.

Padahal, zat gizi ini juga tetap penting untuk dikonsumsi dan tidak boleh sama sekali dihilangkan dalam menu diet seseorang, apalagi ibu hamil.

Pada masa kehamilan, lemak dibutuhkan sebagai bahan pembentuk lapisan-lapisan pelindung organ pada janin. Selain itu, konsumsi lemak juga membantu penyerapan banyak vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K, serta memberikan rasa kenyang pada ibu.

Di lain pihak, konsumsi lemak yang berlebihan juga tidak baik untuk ibu hamil dan janin karena dapat memicu timbulnya obesitas pada ibu setelah melahirkan atau kelahiran bayi dengan berat badan besar atau obesitas.

Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan lemak selama kehamilan harus disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil, tidak kurang dan tidak lebih.

Pemilihan jenis-jenis lemak yang baik dikonsumsi menjadi masalah yang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan lemak. Tidak hanya jumlahnya, kualitas dan jenis lemak perlu sangat diperhatikan.

Ada dua jenis lemak yang dikenal, yaitu lemak baik dan lemak jahat. Asam lemak jenuh yang berasal dari lemak hewan merupakan jenis lemak yang harus dibatasi. Selain pembatasan makanan hewani berlemak tinggi seperti kulit ayam, jeroan, gajih, dan lain-lain, penggunaan minyak goreng juga sebaiknya dibatasi.

Minyak goreng yang telah dipanaskan dengan suhu tinggi akan menyebabkan perubahan struktur kimia minyak. Minyak yang telah mengalami pemanasan tinggi tersebut telah berubah menjadi minyak yang mengandung radikal bebas. Apabila minyak tersebut dikonsumsi, maka kemungkinan serangan kanker akan meningkat.

Pemilihan konsumsi lemak baik dalam pemenuhan kebutuhan lemak selama kehamilan dapat membantu pembentukan organ dan jaringan pada janin, tanpa menimbulkan efek penyakit yang tidak diinginkan.

Adapun sumber lemak baik antara lain adalah omega 3 yang berasal dari ikan-ikanan, terutama ikan laut, dan omega 6 yang terdapat dalam kacang-kacangan, dan minyak zaitun, serta asam lemak rantai pendek yang terdapat dalam buah alpokat.

Konsumsi omega 3 yang cukup bahkan mampu membantu perkembangan otak janin.

Post a Comment for "Pemenuhan Kebutuhan Lemak Selama Kehamilan"