Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mitos Vs Fakta Tentang Keputihan

Mitos Vs Fakta Tentang Keputihan

Mitos Vs Fakta Tentang Keputihan (Lekorea) adalah keluarnya cairan dari vagina secara berlebihan.

Dalam keadaan normal, vagina memproduksi cairan yang berwarna bening, tidak berbau, tidak berwarna, dan jumlahnya tak berlebihan. Cairan ini berfungsi sebagai sistem perlindungan alami, mengurangi gesekan dinding vagina saat berjalan dan saat melakukan hubungan seksual. Disebut keputihan patologis/tidak normal jika cairan yang keluar telah berubah warna, bertambah banyak, terasa gatal atau nyeri, atau tercium bau amis hingga busuk, umumnya hal itu terjadi akibat radang/ infeksi.

Banyak informasi yang berhubungan dengan gejala keputihan tersebut, di antara informasi tersebut ada yang hanya berupa mitos artinya hanya sekedar informasi yang belum tentu kebenarannya dan ada juga yang berupa fakta, simak di bawah ini!

Mitos : Mengkonsumsi makanan tertentu dapat menyebabkan keputihan misalnya mentimun dan nanas. Fakta : Hingga saat ini belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal itu, mentimun dan nanas tidak menyebabkan bertambahnya hormon di dalam tubuh sehingga tidak akan membuat cairan lubrikasi vagina tambah banyak.

Mitos : Pemakaian obat antiseptik bisa mencegah keputihan. Fakta : Pemakaian obat/sabun antiseptik yang berlebihan/terlalu sering justru akan menyebabkan flora normal/bakteri “baik” yang terdapat pada vagina akan mati dan pH vagina menjadi basa, sehingga jamur dan bakteri ” jahat”/abnormal dapat tumbuh yang menyebabkan timbulnya keputihan patologis (tidak normal).

Mitos : Memakai pantyliner bisa menyebabkan keputihan. Fakta : Memakai pantyliner dan sering menggantinya justru bisa menjaga kesegaran organ kewanitaan. Pada wanita yang mengalami keputihan, pantyliner berfungsi menyerap cairannya.

Mitos : Masalah keputihan hanya menyangkut masalah pada wanita saja. Fakta : Pada keadaan-keadaan tertentu perlu juga memeriksa pasangannya/suaminya, dokter akan mengadakan cek silang, siapa tahu kuman keputihan berasal dari pasangan/suami.

Mitos : Wanita dengan keputihan akan susah mempunyai anak. Fakta : Tidak sepenuhnya benar, tergantung apa penyebab keputihannya. Pada keputihan yang normal atau keputihan abnormal yang ringan tentu saja tidak akan mempengaruhi masalah kesuburan, akan tetapi pada keputihan yang disebabkan penyakit tertentu misalnya Gonore bisa menyebabkan kemandulan

Mitos : Keputihan hanya diderita oleh wanita dewasa.

Fakta : Keputihan juga bisa terjadi pada anak perempuan, ini biasanya berkaitan dengan kurangnya menjaga kebersihan, misalnya sering menggaruk daerah vagina dengan tangan yang kotor sehabis bermain. Salah satu penyebab keputihan yang sering terjadi pada anak perempuan adalah infeksi cacing kremi.

Post a Comment for "Mitos Vs Fakta Tentang Keputihan"