Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mimisan Saat Hamil Muda? Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya

Mimisan Saat Hamil Muda? Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya
Mimisan Saat Hamil Muda? Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya! Pada usia kehamilan trimester pertama akhir dan trimester kedua awal (hamil muda), beberapa ibu hamil sering kali mengalami keluhan berupa mimisan.

Keluhan ini dapat terjadi karena pada usia kehamilan tersebut volume darah ibu hamil meningkat secara drastis disertai oleh pembesaran pembuluh darah di beberapa jaringan tubuh dan peningkatan tekanan darah.

Mengingat bahwa membran pembuluh darah di lubang hidung merupakan membran paling tipis, maka jika terdapat sedikit saja benturan pada area di sekitarnya, mimisan pun bisa langsung terjadi.

Nah, jika Anda termasuk orang yang sering mengalami mimisan saat hamil muda, tips-tips berikut ini mungkin bisa Anda coba untuk mengatasinya.

Mimisan saat Hamil

Untuk mengatasi mimisan saat hamil, Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi sembarang obat seperti halnya ketika Anda sedang tidak hamil. Konsumsi obat secara sembarangan sangat berisiko bagi tumbuh kembang janin Anda.

Dari pada menggunakan obat-obat mimisan yang belum terjamin keamanannya bagi janin Anda, alangkah baiknya bila Anda menggunakan tips tips alami yang cenderung zero risk. Di antara banyaknya tips alami mengatasi mimisan, berikut ini adalah beberapa alternatif yang mungkin bisa menjadi pilihan bagi Anda.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Tips mengatasi sering mimisan saat hamil yang pertama adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Ya, dengan memperbanyak cairan tubuh, pembentukan sel darah merah Anda akan semakin baik sehingga pelebaran pembuluh darah tidak akan sampai menipiskan membran dan menyebabkan mimisin.

Minum banyak air putih bagi ibu hamil juga dapat membantu dalam banyak hal. Selain bisa mencegah dehidrasi, minum air putih juga mampu mengatasi beberapa keluhan mulai dari mual, kaki bengkak, gerah saat hamil, dan lain sebagainya.

Selain air putih, Anda juga bisa memilih beberapa minuman sehat untuk ibu hamil lainnya seperti susu, air rebusan kedelai, jus buah, dan lain sebagainya.

2. Konsumsi Vitamin C

Mencukupi kebutuhan vitamin C dengan banyak mengonsumsi buah dan sayur juga bisa menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi mimisan yang Anda sering alami. Jika perlu, mintalah suplemen vitamin pada dokter atau tenaga medis agar kebutuhan vitamin Anda dapat benar-benar tercukupi.

3. Hirup Udara dengan Lembut

Selain karena benturan, mimisan juga dapat terjadi bila Anda menghirup udara dengan agresif secara terus menerus. Oleh karena itu, bila Anda ingin mencegah mimisan saat hamil, bernafaslah dengan intensitas biasa, selain itu selalu jangan buka mulut Anda ketika bersin, batuk, atau saat menguap agar tekanan udara di saluran pernafasan Anda tidak tersentak mendadak tinggi.

4. Hindari Udara Kotor

Jika Anda tidak ingin mimisan muncul, usahakanlah untuk menghindari udara kering dalam ruangan AC, udara saat musim dingin, udara luar saat musim panas, asap, udara kotor, dan debu jalanan. Seperti diketahui, beberapa partikel padat dalam udara tersebut bila terhirup dapat memicu penipisan membran pembuluh darah dan memicu mimis Anda keluar.

5. Gunakan Sirih

Bila terlanjur mimisan Anda keluar, hentikanlah pendarahan dengan cara mengambil sehelai daun sirih muda, meremas dan menggulungnya hingga membentuk kerucut, kemudian menyumbat hidung Anda dengan daun sirih tersebut, biarkan beberapa saat, dan hirup aroma khas sirih tersebut dengan posisi wajah menghadap ke atas.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi mimisan saat hamil yang dapat Anda terapkan. Cukup mudah bukan. Mimisan memang hal yang lumrah terjadi, terutama pada ibu hamil.

Namun, ia juga tak bisa dianggap sepele dan dibiarkan begitu saja. Jika volume darah yang keluar dari hidung sangat banyak dan tidak bisa terhenti, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan khusus secepatnya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Mimisan Saat Hamil Muda? Ini Bahaya dan Cara Mengatasinya"