Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menyiapkan Dana Kehamilan hingga Pasca Persalinan

Menyiapkan Dana Kehamilan hingga Pasca Persalinan

Menyiapkan Dana Kehamilan hingga Pasca Persalinan. Tidak jarang pasangan suami istri yang menunda memiliki anak karena belum siap secara mental, fisik, serta finansial.

Idealnya, setelah menikah, pasangan suami istri telah bersepakat dalam pengelolaan keuangan sejak awal pernikahan, menyiapkan dana kehamilan, hingga biaya bersalinan.

Sulitnya memprediksi kondisi kesehatan ibu selama masa kehamilan juga menjadi dasar alasan kenapa dana kehamilan perlu dipersiapkan seperti misalnya dana pemeriksaan rutin kehamilan.

Dana persalinan tidak terduga juga perlu dipersiapkan mengingat proses persalinan yang tidak bisa di prediksi, misalnya saja ketika ibu dan pasangan sudah menyiapkan dana untuk persalinan normal, namun ternyata kondisi janin tidak mendukung, sehingga harus dilakukan operasi caesar yang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Berikut beberapa tips dalam menyiapkan dana kehamilan hingga dana pasca persalinan

Mempersiapkan dana pemeriksaan rutin ke bidan maupun dokter kandungan selama kehamilan untuk memastikan keselamatan dan kesehatan ibu serta janin.

Mempersiapkan dana untuk membeli baju ibu hamil.

Ibu dapat membeli baju dengan ukuran yang longgar agar dapat digunakan di usia kehamilan yang lebih tua.

Perlengkapan bayi.

Sebelum ibu berbelanja perlengkapan bayi, ibu haru mengetahui apa saja kebutuhan bayi sehingga nantinya ibu dapat lebih berhemat dan tidak membeli barang yang tidak dibutuhkan

Dana bersalin (tempat bersalin).

Ibu dapat mencari tahu informasi mengenai tempat bersalin yang sesuai dengan keinginan. Usahakan tempat tersebut memiliki fasilitas yang lengkap untuk kebutuhan ibu dan bayi, dan jangan lupa untuk mengecek biaya bersalin, apakah cocok dengan budget ibu aau tidak.

Pasca persalinan.

Dana yang dibutuhkan pasca persalinan ini misalnya kebutuhan pakaian si kecil. Sebaiknya ibu tidak membeli pakaian bayi terlalu banyak karena pertumbuhan bayi yang cepat besar.

Pemeriksaan ke dokter untuk bayi.

Dana yang perlu disiapkan selanjutnya adalah untuk pemeriksaan bayi ke dokter. Bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap lingkungan sekitarnya, apalagi ketika musim pancaroba maupun musim hujan yang mana virus dan bakteri cepat menyebar dan berkembang biar. Karena itu, konsultasi rutin mengenaii kesehatan anak juga cukup diperlukan.

Akikah, bagi warga muslim, akikah merupakan salah satu yang perlu dipersiapkan pasca persalinan dengan anggaran dan persiapan yang matang. Umumnya orangtua akan melakukan akikah dari hari ketujuh hingga hari ke 40 pasca bayi dilahirkan.

Demikian beberapa tips untuk menyiapkan dana kehamilan sampai pasca persalinan. Semoga bermanfaat dan membantu dalam persiapan persalinan.

Post a Comment for "Menyiapkan Dana Kehamilan hingga Pasca Persalinan"