Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengurangi Rasa Nyeri Saat Melahirkan

Mengurangi Rasa Nyeri Saat Melahirkan
 

Mengurangi Rasa Nyeri Saat Melahirkan. Dalam persalinan, ada beberapa tahap yang dilalui oleh ibu hamil, mulai dari kontraksi, keluar darah, disusul pecahnya ketuban, dan berakhir dengan kelahiran bayi yang dibarengi dengan keluarnya plasenta (ari-ari) dan selaput janin.

Pada artikel kali ini, ada beberapa tips mengurangi rasa nyeri saat melahirkan.

Kontraksi yang merupakan tahap awal persalinan ini merupakan isyarat pertama akan tiba saatnya persalinan. Kontraksi dimulai dari puncak rahim dan menuju ke jalan lahir.

Semakin lama kontraksi akan semakin kuat dan semakin lama, serta jarak antara kontraksi semakin pendek. Tanda-tandanya bisa dilihat dari cairan bercampur darah yang keluar dari jalan lahir, dan disertai dengan rasa sakit yang berlangsung lama sampai saat persalinan tiba.

Dalam mengatasi rasa sakit karena kontraksi ini, ada beberapa ibu yang bisa menahan nya hingga cukup lebarnya pembukaan jalan lahir. Akan tetapi banyak pula ibu hamil yang tidak mampu menahan rasa sakit yang timbul bahkan saat belum munculnya pembukaan jalan lahir.

Nah untuk mengurangi rasa nyeri saat melahirkan yang timbul akibat kontraksi, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Berikut ini tips mengurangi rasa nyeri saat melahirkan :

1. Mengompres punggung

Mengompres bagian bawah punggung ibu hamil dengan air hangat diantara waktu kontraksi. Mengompres punggung bertujuan untuk memperlancar dan memperlebar peredaran darah sehingga bisa mengurangi rasa nyeri saat melahirkan.

2. Sesering mungkin buang air kecil

Mengingat banyaknya cairan yang keluar, tentu saja harus dibarengi dengan asupan cairan yang cukup. Buang air kecil membantu kepala bayi turun ke dasar panggul dengan baik dan membantu menjaga ritme kontraksi saat persalinan.

3. Mengalihkan perhatian ibu hamil

Agar si Ibu tidak berfokus pada rasa sakit yang dirasakan, disarankan untuk mengalihkan perhatiannya misalnya dengan mengajaknya berbicara atau bernyanyi. Bagi ibu muslim, bisa mengalihkannya dengan bertasbih atau berdzikir untuk mengurangi rasa sakit. Agar tidak membuang terlalu banyak energi, ibu bisa melakukannya pelan-pelan.

4. Mengatur pernafasan

Saat menjelang persalinan, sebagian besar ibu merasa panik sehingga sulit melakukan pengaturan nafas dengan baik. Padahal, pengaturan nafas bisa mengurangi rasa nyeri saat melahirkan. Karena itu, cobalah tidak panik dan mengatur nafas dengan baik.

5. Atur punggung agar tetap tegak

Mempertahankan posisi punggung agar tetap tegak baik saat duduk maupun berdiri bertujuan agar kepala bayi tetap berada di bagian leher rahim. Dengan demikian, kontrkasi akan semakin efektif dan kuat.

6. Memijat punggung bawah

Meminta orang lain memijat punggung bagian bawah bisa membantu mengurangi rasa nyeri akibat kontraksi. Ibu bisa menggunakan minyak aroma terapi sebagai pelicin sekaligus bisa menenangkan. Jika tidak, ibu bisa menggunakan lotion sebagai pengganti minyak aroma terapi.

Itu lah tips mengurangi rasa nyeri saat melahirkan. Bisa dicoba menjelang proses persalinan. Semoga bermanfaat dan membantu.

Post a Comment for "Mengurangi Rasa Nyeri Saat Melahirkan"