Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mendidik Anak Usia Dini Menjadi Saleh dan Salihah

Mendidik Anak Usia Dini Menjadi Saleh dan Salihah

Mendidik Anak Usia Dini Menjadi Saleh dan Salihah. Menjadi keluarga yang di ridhoi oleh Allah tentu menjadi harapan kita semua. Karena itulah tujuan utama dalam membina rumah tangga.

Tentunya doa dan harapan saja tidak cukup. semua itu harus dibarengi dengan usaha yang serius dan konsistensi untuk melakukan nya. Salah satu cara menggapai ridho Nya adalah dengan Mendidik Anak Usia Dini Menjadi Saleh dan Salihah.

Pendidikan ini harus dimulai sejak dini,karena merekalah salah satu hal yang menjadi tangga kita menuju surgaNya. Doa dari anak-anak yang salih yang dapat menyelamatkan kita di hari akhir nanti.

Mendidik Anak Usia Dini Menjadi Saleh dan Salihah butuh kesabaran ekstra, ketelatenan tinggi, serta keikhlasan. Yang perlu diingat adalah prosesnya yang butuh waktu dan tidak instan. Karena itu, sebagai orang tua, pendidikan yang baik untuk anak harus dimulai sedini mungkin.

Sebagai pondasi kehidupan mereka, mengenalkan mereka kepada Dzat dan RasulNya adalah hal yang sangat penting. Orang tua dapat mengajarkan kepada anak-anak membaca syahadat, salawat, basmallah, doa-doa, dan sejarah Rasulullah SAW.

Apalagi sekarang ini sudah banyak media yang dapat digunakan agar memudahkan anak-anak belajar tentang Islam dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Banyak juga video video dan buku-buku islami dengan ilustrasi yang bagus dalam menjelaskan sejarah Rasulullah.

Tanamkan juga dalam diri anak-anak bahwa Allah adalah Tuhan kita. Tidak ada Tuhan selain Allah. Dzat yang telah menciptakan bumi dan langit serta alam raya ini beserta isinya. Dia tidak beranak dan tidak pula diperaakan. Jangan pernah bosan menjelaska semua hal ini kepada anak.

Kenalkan juga kepada mereka 99 Asmaul Husna, agar sedini mungkin anak-anak telah mengenal sifat-sifat Allah. Memang nantinya akan ada pertanyaan-pertanyaan dari si kecil yang terkadang sulit dijawab. Itulah kewajiban orang tua untuk menjelaskan sesederhana mungkin sehingga mereka dapat memahaminya dengan mudah.

Metode teladan merupakan salah satu metode terbaik dalam mendidi anak-anak. Mereka adalah peniru yang sangat baik. Sebagai orang terdekat mereka, apa yang orang tua lakukan juga akan ditemui dalam diri anak-anak.

Karena itu, jika kita ingin memiliki anak-anak yang berakhlakul karimah kita sebagai orang tua pun juga harus mencontohkan kepada mereka akhlak-akhlak yang baik.

Contohkan kepada mereka bagaimana salat yang dengan baik dan benar, mebaca Al Qur’an dengan tartil, melakukan sunah sunah Nabi, dan perbuatan perbuatan baik lainnya.

Insya Allah si kecil akan meniru hal-hal baik tersebut. sehingga akan terbentuk akhlakul karimah dalam dirinya.

Post a Comment for "Mendidik Anak Usia Dini Menjadi Saleh dan Salihah"