Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menariknya Aktivitas Bayi Dalam Kandungan

Menariknya Aktivitas Bayi Dalam Kandungan
 

Menariknya Aktivitas Bayi Dalam Kandungan. Perkembangan janin dalam kandungan merupakan salah satu keajaiban terbesar dalam hidup, sejak ia pertama kali terbentuk hingga siap untuk lahir ke dunia.

Memperhatikan perkembangannya selama ia dalam kandungan semakin membuat Ibu semakin ingin menjaganya hingga ia lahir ke dunia dengan sehat. Namun tak jarang faka-fakta menarik mengenai aktivitas bayi dalam kandungan terlupakan.

Berikut ini beberapa fakta unik mengenai aktivitas bayi dalam kandungan yang ditangkap melalui layar ultrasonografi:

1. Janin Dapat Mendengar Suara di Luar Kandungan

Selama kehamilan, Ibu sering sekali disarankan untuk mulai berbicara kepada janin meski ia belum lahir. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan. setelah janin memasuki usia 24 minggu, ia telah mampu mendengar suara dari luar.

Segala aktivitas tubuh ibunya merupakan irama yang indah bagi si janin. Saat memasuki usia minggu ke 14, indera pendengaran janin terbentuk lebih cepat, oleh karena itu, Ibu hamil disarankan untuk sering berbicara dengan janin untuk semakin merangsang perkembangan indera pendengarannya.

Bayi yang sering mendengar ibunya berbicara padanya saat dalam masih kandungan juga memiliki kemampuan berbahasa yang lebih baik. Selain itu, berbicara pada janin juga akan membuatnya merasakan kasih sayang ibunya sehingga membuatnya lebih aman dan nyaman di dalam rahim.

2. Janin Peka Terhadap Cahaya dari Luar

Meski sebenarnya kondisi di dalam rahim gelap, akan tetapi sejak trimester pertama kehamilan, janin sudah peka terhadap cahaya. Ia sudah mampu membedakan gelap dan terang dari rangsangan cahaya yang ia dapat dari luar.

Sebuah penelitian menunjukkan kaitan antara kepekaan cahaya dan perkembangan janin, penelitian tersebut menunjukan bahwa janin akan bereaksi dan menimbulkan gerakan saat sorot cahaya diarahkan tepat pada wajah janin.

3. Janin Dapat Menikmati Rasa dari Dalam Rahim

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke 16, janin sudah mampu mengecap rasa yang ia dapat dari air ketuban. Kemampuan mengecap rasa janin ini tampak dari pemeriksaan USG.

Memasuki usia ini, Ibu akan dapat melihat berbagai aktivitas bayi dalam kandungan seperti mulai menikmati sensasi rasa dan aktivitas lain yang mulai berkembang.

4. Janin Mampu Menggunakan Indera Peraba

Meskipun kelahirannya masih beberapa bulan lagi, akan tetapi memasuki usia trimester kedua kehamilan, janin sudah dapat merasakan sentuhan pada kulitnya.

Penelitian menunjukkan bahwa saat janin di sentuh dengan bibir, maka ia akan merespon dengan membuka bibirnya seolah menghisapnya. Sedangkan saat ia disentuh dengan tangan, ia akan memberikan respon berbeda seperti menggenggam.

5. Merasa Tegang dalam Rahim

Kenapa Ibu hamil dilarang stres dan depresi selama masa kehamilannya? Karena ini akan berakibat buruk pada janinnya. Janin sudah dapat merasakan apa yang ibunya rasakan, seperti rasa senang, sedih, bahkan marah.

Apabila janin dalam kandungan menjadi stress, akan berakibat buruk pada perkembangan dan kesehatannya. Hal ini juga dapat memicu kelahiran prematur dan pecahnya air ketuban.

Post a Comment for "Menariknya Aktivitas Bayi Dalam Kandungan"