Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Memilih Makanan Saat Masa Nifas

Memilih Makanan Saat Masa Nifas
 

Memilih Makanan Saat Masa Nifas. Seorang ibu, pasca melahirkan ia membutuhkan proses pemulihan total agar seluruh tubuhnya kembali normal seperti sebelum melewati proses persalinan.

Masa pemulihan pada ibu yang baru melahirkan ini berlangsung kurang lebih selama 40 hari setelah melahirkan. Masa pemulihan ini dikenal dengan masa nifas.

Sama seperti saat masih mengandung, saat masa nifas ibu yang baru melahirkan juga butuh perhatian khusus, terutama pada kebutuhan makanan saat masa nifas yang harus cukup mengandung cukup nutrisi.

Disamping itu, ibu juga harus siap menghadapi perubahan hormon pasca melahirkan. Jika kondisi ini tidak diperhatikan, maka masa nifas akan terasa sangat melelahkan.

Jika ibu tidak segera mengatasi kondisi ini, maka dikhawatirkan akan menyebabkan postpartum depression atau depresi setelah melahirkan yang dapat berlangsung hampir 10 hari.

Hal ini disebabkan karena kondisi ibu yang masih belum dapat menyesuaikan dengan kondisi pasca melahirkan. Untuk mengatasinya, ibu dapat menyiasatinya melalui pilihan makanan saat masa nifas yang ibu konsumsi.

Selain mempercepat proses pemulihan, makanan yang baik juga meningkatkan kualitas ASI dan mempengaruhi mood.

Berikut beberapa daftar pilihan makanan saat masa nifas untuk pemulihan:

Susu

Kandungan dalam susu tak hanya baik bagi bayi saja, namun untuk memulihkan kebugaran dan kesehatan tubuhnya, ibu pun perlu mengonsumsi susu dan produk olahannya. Olahan susu bisa menjadi salah satu pilihan makanan saat masa nifas.

Protein

Banyak makanan yang mengandung protein seperti susu ikan, daging, maupun kedelai. Kandungan energi pada protein sangat bermanfaat untuk pemulihan, selain itu protein juga memberikan efek tenang pada otak.

Ibu dapat menambah asupan protein setiap harinya dengan memulai hari dengan menyantap orak-arik telur dan menu daging sapi untuk makan siang. Untuk cemilannya, ibu dapat memilih keju, biskuit, atau yogurt.

Air putih

Saat kita mengalami dehidrasi maka otomatis kondisi tubuh juga akan memburuk, begitu juga dengan ibu saat masa nifas. Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka ibu akan mudah merasakan kecemasan dan lelah yang berlebih. Karena itu, setidaknya minumlah air putih 8 gelas setiap harinya.

Membatasi konsumsi kafein, 1-2 cangkir kopi atau teh perharinya akan membantu meningkatkan mood. Akan tetapi jika ibu mengonsumsi minuman berkafein tersebut sepanjang hari, maka ibu bukannya menjadi lebih bersemangat, justru ibu akan merasa gelisah, lelah, mood buruk, dan mudah tersinggung.

Sayuran hijau

Ddengan megonsumsi sayuran hijau seperti brokoli, bayam, buncis atau sayuran hijau lainnya, kebutuhan tubuh akan vitamin C dan zat besi akan terpenuhi sehingga ibu tidak akan cepat mudah lelah.

Dark chocolate

Jika ibu ingin megonsumsi produk yang mengandung gula, dark coklat dapat menjadi pilihan yang pas. Dark coklat yang mengandung kadar cocoa lebih dari 70%, akan membantu memperbaiki mood.

Sereal gandum

Agar lebih berenergi setelah melewati malam yang melelahkan, ibu dapat meng-charge energi dengan mengonsumsi sereal gandum pada pagi harinya.

Omega-3

Omega-3 sangat baik dikonsumsi oleh para ibu, baik ibu hamil, ibu menyusui maupun ibu yang dalam masa pemulihan. Minyak omega-3 akan membantu menangani depresi dan meningkatkan fungsi otak.

Untuk mendapatkan minyak omega-3, ibu dapat mengkonsumsi minyak biji ami dan kenari, serta mengkonsumsi ikan salmon.

Demikian lah pilihan makanan saat masa nifas yang bisa dikonsumsi. Semoga membantu ibu dalam mempercepat pemulihan pasca melahirkan.

Post a Comment for "Memilih Makanan Saat Masa Nifas"