Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Khasiat Sirih Merah

Khasiat Sirih Merah
Khasiat Sirih Merah. Sudah dari zaman nenek moyang kita, sirih merah mempunyai banyak khasiat dan sering digunakan sebagai obat tradisional. Yang lebih menguntungkan lagi adalah, tanaman sirih merah mudah kita jumpai disekitar kita.

Tradisi turun menurun yang masih dilakukan oleh beberapa orang adalah susuran, yaitu dengan cara mengunyah sirih merah yang dicampur dengan gambir, pinang dan kapur. Aktivitas tersebut saat ini masih bisa kita temui di desa - desa dan dilakukan oleh nenek-nenek yang usianya di atas 80 tahun.

Dan hasilnya adalah mereka yang menggunakan sirih untuk susuran terhindar dari penyakit gigi dan mulut. Gigi mereka masih terawat dan kuat walaupun usia mereka sudah lebih dari 80 tahun. Hal tersebut sebagai efek positif dari sirih yang dikunyah, karena sirih mengandung antiseptik yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada dalam mulut.

Sirih merah juga begitu populer di kalangan keraton. Mereka secara turun temurun menggunakan sirih merah sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit dan juga untuk kecantikan. Banyak manfaat sirih merah yang sudah sering kita rasakan, yaitu sebagai obat keputihan, bau badan, sakit gigi, sariawan, ambeien dan juga penyakit kulit.

Semua manfaat yang terdapat dalam sirih merah merupakan khasiat dari senyawa - senyawa yang ada pada sirih merah, yaitu:

  • Senyawa Flavonoid dan polevenolad

Senyawa ini berfungsi sebagai anti oksidan, anti diabetik, dan anti inflamasi. Anti oksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk penangkal radikal bebas dan untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Anti inflamasi berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh.

  • Senyawa polivenol

Merupakan senyawa yang berfungsi sebagai antiseptik. Antiseptik berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri yang ada dan menempel pada tubuh kita.

  • Senyawa alkoloid

Senyawa bersifat antineoplastik yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

  • Zat Tanin yang berfungsi untuk mengikat dan mengendapkan protein sehingga baik untuk pengobatan penyakit ambeien.
  • Minyak atsiri dan banyak lagi lainnya yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Selain manfaat sirih merah yang sudah saya sebutkan di atas, ada beberapa penyakit yang bisa diobati atau dicegah dengan menggunakan sirih merah, antara lain: TBC tulang, Diabetes, sakit maag, sakit batu ginjal, radang tenggorokan, mencegah terjadinya serangan jantung, dan meredakan panas demam.

Cara mengonsumsi sirih merah bisa beragam caranya, tergantung dari manfaat yang ingin kita dapatkan. Namun kebanyakan mengonsumsi sirih secara langsung dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih merah. Kemudian air rebusan daun sirih merah tersebut bisa digunakan dengan cara diminum dan ada juga yang dipakai untuk membasuh anggota badan kita yang membutuhkan.

Kebanyakan yang mengonsumsi sirih merah adalah wanita, mereka menggunakannya untuk membersihkan daerah kewanitaan agar terhindar dari penyakit dan bau yang tidak sedap, ada juga yang menggunakannya sebagai obat jerawat dan penyakit kulit lainnya.

Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat sirih merah, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi kita semua.

Post a Comment for "Khasiat Sirih Merah"