Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jenis Makanan Untuk Membangun Otak Janin

Jenis Makanan Untuk Membangun Otak Janin

Jenis Makanan Untuk Membangun Otak Janin. Pada masa kehamilan, nutrisi yang di makan oleh ibu hamil harus benar-benar diperhatikan.

Selain memperhatikan kesehatan ibu, kesehatan dan perkembangan janin pun berpengaruh terhadap nutrisi yang di makan oleh ibunya. Karena itu, ibu hamil dituntut untuk lebih selektif memilih makanan sehingga perkembangan dan pertumbuhan janin dalam perutnya tidak terganggu.

Akan lebih baik jika makanan yang di makan memberi manfaat lebih bagi si janin, contohnya saja mengonsumsi makanan untuk membangun otak janin.

Salah satu faktor pendukung perkembangan otak janin adalah makanan. Banyak jenis-jenis makanan yang bisa dipilih untuk mendukung perkembangan otak janin.

Selain menumbuhkan kecerdasan bayi sejak dalam kandungan, makanan yang tepat juga bisa menghindarkan janin dari cacat otak. Contohnya saja makanan yang mengandung omega tinggi yang diketahui baik untuk perkembangan kecerdasan bayi.

Berikut beberapa jenis makanan untuk membangun otak janin:

1. Daging ayam

Jenis makanan untuk membangun otak janin yang pertama adalah daging ayam. Dibalik gurih dan lezatnya daging ayam, ternyata mengandung berbagai manfaat yang sangat baik untuk perkembangan dan pertumbuhan si janin.

Daging ayam memiliki kandungan zat besi yang disebut heme yang baik untuk otak janin. Karena itu jangan lewatkan untuk selalu menyertakan daging ayam dalam menu harian ibu.

2. Kuning telur

Kuning telur mengandung kolin yang didalamnya terdapat zat vitamin B yang disarankan untuk perkembangan dan pertumbuhan otak janin.

Namun tetap tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsinya, karena kuning telur mengandung tinggi kolesterol sehingga konsumsinya harus dibatasi.

3. Ikan

Makanan untuk membangun otak janin berikutnya adalah Ikan. Manfaat ikan sudah tidak dipertanyakan lagi. Kandungan protein serta omega yang tinggi pada ikan berperan dalam meningkatkan kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Beberapa ikan dengan kandungan omega tiga paling tinggi antara lain ikan salmon dan ikan sarden. Ibu bisa mengkonsumsi ikan-ikanan ini dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

4. Hati

Pada masa kehamilan, umumnya ibu hamil akan mudah terkena anemia, karena itu sangat disarankan untuk mengkonsumsi hati, baik hati sapi, hati ayam maupun hati kambing.

Saat hamil, kurangnya pasokan oksigen ke dalam tubuh membuat zat besi pada sirkulasi darah yang masuk ke janin dan plasenta menjadi terhambat.

5. Aneka berry

Tak hanya segar, buah berries seperti stroberi, raspberry dan blueberry juga dapat meningkatkan IQ bayi. Karena itu, dibanding memilih kentang goreng sebagai cemilan, buah-buahan segar ini bisa menjadi cemilan yang sehat bagi ibu dan janinnya.

Itu bunda jenis-jenis makanan untuk membangun otak janin. Selain mencerdaskan bayi, juga menghindarkan janin mengalami cacat ketika dilahirkan. Semoga menambah wawasan bunda dan bermanfaat.

Post a Comment for "Jenis Makanan Untuk Membangun Otak Janin"