Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jadwal pemberian susu formula pada bayi

Jadwal pemberian susu formula pada bayi
Jadwal pemberian susu formula pada bayi. Apakah Anda tahu kapan Anda mulai diperbolehkan memerikan susu formula untuk bayi?

Sebenarnya, terdapat dua macam jadwal pemberian susu formula, yang pertama yaitu sesuai dengan kebutuhan bayi, yang kedua sesuai dengan kemampuan bayi.

Pemberian susu formula sesuai dengan kebutuhan bayi adalah dengan memberikan susu formula sebagai pendamping ASI ketika berusia 0 hingga 6 bulan.

Terutama pada bayi yang susah menyusu ASI, dan cenderung lebih memilih PASI, maka bayi tersebut harus mendapatkan ASI dan PASI sebanyak 750 hingga 800 cc setiap harinya.

Bagaimana dengan jadwal pemberian ASI dan PASI? Mengingat bahwa bayi membutuhkan PASI seperti dia membutuhkan ASI, PASI diberikan kepada anak seperti ASI diberikan pada anak.

Terdapat dua macam pendapat yang berkaitan dengan pemberian ASI dan PASI pada anak yang berumur antara 0 hingga 6 bulan.

Pendapat pertama mengatakan bahwa memberikan ASI dan PASI pada anak akan lebih efektif ketika bayi menangis. Dengan kata lain, bayi membutuhkan ASI untuknya, entah karena bayi memang lapar, haus, atau sekedar luapan emosi saja.

Dengan begitu, maka ASI dan PASI diberikan sesuai dengan kebutuhan dan naluri bayi.

Namun, terdapat juga pendapat yang mengatakan bahwa ASI dan PASI sebaiknya diberikan kepada bayi secara teratur, setiap 2 atau 3 jam sekali, terutama pada awal - awal kelahiran.

Pendapat ini muncul karena pada beberapa kasus, bayi lebih suka tidur dan enggan menyusu, sehingga metabolisme bayi tidak berkembang dengan baik.

Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi para orang tua untuk membiasakan bayi mereka untuk makan secara teratur, sehingga pendapat kedua yang lebih banyak digunakan.

Memberikan ASI dan PASI pada bayi secara teratur dalam jangka waktu pendek mampu mendukung metabolisme tubuh bayi untuk bekerja dengan lancar.

Memberikan makan secara teratur membuat tubuh bayi bekerja dengan ringan dan teratur. Sedangkan memberikan ASI dan PASI ketika bayi membutuhkan membuat tubuh bayi bekerja keras dalam satu waktu.

Mana yang lebih baik? Tentu saja membiasakan tubuh bayi untuk bekerja ringan namun teratur, bukan?

Kedua, susu formula diberikan kepada bayi sebagai makanan tambahan, yang berarti bahwa susu formula hanya diberikan kepada bayi sebagai tambahan gizi saja.

Maka, untuk anak yang berusia 6 hingga 8 bulan, ASI dan susu formula diberikan pada bayi pada pukul 5 hingga 6 pagi sebanyak 150 hingga 180 cc.

Setelah itu, berikan lagi susu formula dan ASI pada pukul 3 sore. Enam jam kemudian, berikan ASI dan susu formula sebelum bayi tidur agar tidurnya nyenyak.

Dianjurkan pula bagi orang tua untuk memberikan susu kepada bayi diantara pukul 10 malam hingga pagi hari pukul 5 keesokan harinya, untuk bayi yang memiliki berat badan normal sebanyak 2 hingga 3 kali lagi.

Namun, pada bayi yang berat badannya cukup, maka tidak dianjurkan untuk memerikan susu pada malam hari, atau bayi akan beresiko diabetes.

Maka, sekarang giliran Anda untuk menentukan jadwal yang baik bagi anak Anda. Apakah Anda memilih memberikan susu formula ketika bayi Anda menangis, atau memberikan secara bertahap, itu hak Anda untuk memilih.

Namun yang pasti, yang harus kita lakukan sebagai orang tua adalah memberikan yang terbaik bagi anak-anak kita. Oleh sebab itu, berikan ASI dan PASI selama anak membutuhkan dan menginginkan, dengan catatan pemberian ASI dan PASI tidak mengantarkan anak pada obesitas.

Post a Comment for "Jadwal pemberian susu formula pada bayi"