Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ibu Menyusui Boleh Minum Es?

Ibu Menyusui Boleh Minum Es?

Ibu Menyusui Boleh Minum Es? Menyusui merupakan proses alami yang dilakukan seorang ibu untuk memberi makan kepada anaknya.

Akan tetapi ibu menyusui sering kali dibuat was was dengan berbagai mitos yang beredar yang berkaitan dengan larangan larangan selama menyusui.

Tak hanya saat menyusui saja, bahkan saat hamil sampai merawat bayi, tidak bisa terlepas dari mitos. Kali ini saya akan membahas tentang mitos ibu menyusui boleh minum es atau tidak.

Sebagian masyarakat percaya banyak hal yang menjadi pantangan bagi ibu menyusui, termasuk soal makanan, sehingga banyak ibu menyusui yang menghindari makanan yang dianggap dapat membuat masalah dalam pemberian ASI.

Rasa khawatir ibu memang masuk akal karena ini berkaitan dengan buah hati. Salah satu mitos yang berkembang di tengah masyarakat adalah apakah ibu menyusui boleh minum es?

Penjelasan tentang ibu menyusui boleh minum es atau tidak saat melakukan sesuatu, terkadang ada nasihat-nasihat yang memberikan larangan dan anjuran tanpa alasan ilmiah dan masuk akal.

Hal-hal tersebut berkembang di masyarakat yang kemudian dikenal dengan istilah mitos. Lalu apakah ibu menyusui boleh minum es itu fakta atau mitos?

Menyusui merupakan hal yang sangat disarankan untuk dilakukan oleh para ibu. Hal ini dikarenakan dalam ASI terkandung zat-zat yang sangat membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Salah satu kandungan yang penting bagi bayi adalah kandungan imun atau daya tahan yang penting bagi tubuh bayi. Namun tak selamanya dalam proses pemberian ASI selalu lancar, berbagai alasan dapat menghambat dalam proses pemberian ASI salah satunya kuantitas ASI.

Tidak jarang yang berpendapat bahwa kuantitas ASI dipengaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh si Ibu. Namun ada hal yang harus ibu ketahui, pasokan ASI tak hanya dipengaruhi oleh makanan dan nutrisi yang ibu konsumsi saja, akan tetapi juga oleh kondisi psikis dan kesehatan tubuh ibu selama menyusui.

Dalam hal terkait kuantitas ASI yang dipengaruhi oleh makanan, ada mitos yang berkembang mengenai apakah ibu menyusui boleh minum es ataukah tidak. Mitos yang beredar menyebutkan bahwa apabila ibu menyusui minum es, maka juga akan berdampak pada bayi nya.

Logikanya, apabila si ibu terkena flu karena minum es, maka bayi pun ikut terkena flu. Padahal faktanya ibu menyusui yang minum es tidak ada hubungan sama sekali dengan flu pada bayi. Meskipun ibu minum es, kondisi suhu tubuh ibu tidak akan menurun secara drastis sehingga membuat ASI yang diberikan kepada bayi akan menjadi dingin.

Meskipun ibu mengkonsumsi es, ASI yang diberikan pada bayi akan tetap hangat pada kisaran 37 derajat celcius. Hal ini tentu tidak ada hubungannya dengan mengonsumsi makanan atau minuman dingin yang dapat menyebabkan ASI menjadi dingin juga.

Yang perlu ibu perhatikan dalam mengonsumsi makanan atau minuman saat menyusui adalah kandungan gizi yang dibutuhkan untuk memproduksi ASI.

Karena itu, ibu tidak perlu khawatir terkait dengan larangan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu tanpa mengetahui alasan ilmiahnya. Karena jika ibu merasa cemas dan khawatir, justru hal inilah yang membuat proses produksi ASI terhambat.

Demikian lah jawaban atas pertanyaan dari sebagian ibu tentang mitos apakah ibu menyusui boleh minum es atau tidak. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ibu semua.

 

Post a Comment for "Ibu Menyusui Boleh Minum Es?"