Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Faktor - faktor yang mempengaruhi kesuburan pria

Faktor - faktor yang mempengaruhi kesuburan pria
Faktor - faktor yang mempengaruhi kesuburan pria. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan pria juga harus menjadi perhatian dalam persiapan kehamilan disamping faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita.

Pasangan suami istri dapat dikatakan memiliki gangguan kesuburan jika dalam jangka waktu 2 tahun setelah menikah dan tanpa penggunaan alat kontrasepsi apapun.

Jika hal ini terjadi, jelas terjadi masalah kesuburan, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui siapa yang memiliki masalah kesuburan dan dilakukan treatment atau terapi untuk penyembuhan.

Menilai tingkat kesuburan, faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan pria dapat dilihat dari pola makan, gaya hidup dan kebiasaan lainnya yang dilakukan.

Berikut adalah sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan pria, diantaranya:

Alkohol.

Alkohol menurunkan jumlah serta kualitas sperma lelaki, bahkan ketika hanya diminum dalam jumlah sedikit. Hentikan kebiasaan minum alcohol jika anda merencanakan kehamilan.

Pilih waktu yang baik untuk melakukan aktivitas seksual.

Waktu paling baik untuk melakukan hubungan seksual adalah di pagi hari. Hal tersebut dikarenakan jumlah sperma yang diproduksi oleh kelenjar kelamin pria menghasilkan jumlah terbanyak di pagi hari.

Temperatur / suhu.

Sperma dapat bertahan lebih baik di suhu dingin dibandingkan di suhu panas. Seringnya terpapar suhu panas seperti berendam di air panas atau sauna akan menurunkan produksi dan kualitas sperma pria.

Merokok

Merokok menjadi faktor yang mempengaruhi kesuburan pria Karena racun - racun dalam rokok akan mengurangi jumlah, kualitas, gerak dan kemampuan sperma itu sendiri.

Kecukupan gizi.

Ada beberapa zat penting yang mempunyai peranan yang cukup besar pada kesehatan reproduksi pria, seperti zinc, selenium dan asam folat. Jika seorang pria kekurangan unsur nutrisi tersebut maka jumlah sperma yang dihasilkan akan menurun.

Salah satu jenis makanan yang terbukti meningkatkan kesuburan pria adalah tomat. Buah tomat paling baik dikonsumsi setelah direbus sebentar.

Faktor fisik.

Sering merasa kelelahan karena rutinitas dari suatu pekerjaan akan membuat gairah seksual menurun. Kelelahan fisik akan berpengaruh pada melemahnya gerak sperma dan kualitas sperma.

Setelah mengenal beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan pria diatas, dapat disimpulkan bahwa kebiasaan buruk serta aktivitas dan pola makan yang salah adalah faktor-faktor yang harus dihindari ketika anda berencana untuk memiliki anak.

Post a Comment for "Faktor - faktor yang mempengaruhi kesuburan pria"