Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Efek Kopi Untuk Ibu Menyusui

Efek Kopi Untuk Ibu Menyusui
Efek Kopi Untuk Ibu Menyusui. Untuk sebagian orang yang kecanduan kopi tentu akan merasa ada yang kurang atau gelisah ketika tidak meminum kopi walau dalam satu hari.

Namun untuk ibu yang sedang menyusui tentu harus tetap berhati-hati ketika mengonsumsi kopi, sebab akan berpengaruh kepada bayi. Bahkan untuk sebagian orang, kopi dimasukkan ke dalam daftar pantangan untuk ibu hamil dan menyusui.

Namun menurut beberapa ahli mengatakan bahwa ibu menyusui boleh saja meminum kopi, namun tetap dengan jumlah yang dibatasi dan tidak berlebihan.

Sebelum ibu benar-benar ingin mengonsumsi kopi ketika masa menyusui, sebaiknya harus mengetahui beberapa hal, seperti sistem metabolisme bayi yang baru lahir belum siap untuk mencerna sejumlah komponen seperti caffein pada kopi.

Sistem metabolisme bayi akan siap ketika usia 3 sampai 4 bulan. Namun untuk ibu yang masih memberikan asi ekslusif hingga umur bayi 6 bulan sebaiknya tetap membatasi konsumsi kopi hingga pemberian asi ekslusif selesai dilaksanakan.

Ibu juga harus memperhatikan efek kopi yang akan disalurkan kepada bayi anda. Sebab jika ibu tidak membatasi konsumsi kopi ketika masa menyusui akan memberikan efek berbahaya kepada bayi, seperti kesulitan untuk tidur, gelisah dan sering rewel.

Hal tersebut terjadi karena banyaknya kandungan caffein pada tubuh ibu yang akan tersalur melalui asi yang dikonsumsi oleh bayi. Oleh karena itu ibu harus memperhatikan takaran kopi yang akan dikonsumsi.

Dengan mengonsumsi dua gelas setiap hari tidak akan berpengaruh yang signifikan kepada bayi, namun jika mengonsumsi 6 gelas per hari, ibu harus berwaspada.

Untuk melindungi bayi anda dari efek kopi tersebut, tentu ibu yang bijak akan membatasi kopi ketika masa menyusui. Sebab bagaimanapun caffein tidak baik untuk bayi. Selain itu tidak hanya kopi, sebab kandungan caffein juga terdapat pada minuman kola, cokelat, minuman ringan, obat pereda demam juga nyeri, minuman penambah energi dan juga teh.

Oleh sebab itu ibu harus cermat untuk memilah makanan yang akan dikonsumsi. Akan jauh lebih baik jika ibu menyusui menghindari kopi dan kandungan caffein lainnya.

Dan lebih baik jika banyak mengonsumsi air putih, buah-buahan dan sayuran hijau untuk memberikan asupan gizi seimbang pada buah hati anda.

Post a Comment for "Efek Kopi Untuk Ibu Menyusui"