Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Mudah Menidurkan Bayi

Cara Mudah Menidurkan Bayi

Cara Mudah Menidurkan Bayi. Tidur yang berkualitas membantu perkembangan otak dan pertumbuhan tubuh bayi secara optimal.

Namun menidurkan bayi bukanlah hal yang mudah. Ada saja yang membuatnya enggan memejamkan mata, sehingga membuat bayi menangis dan tidak mau tidur. Pada artikel kali ini, saya akan memberikan informasi tentang cara mudah menidurkan bayi bunda.

Berikut beberapa cara mudah menidurkan bayi yang bisa bunda lakukan

1. Perhatikan kenyamanan

Bayi biasanya mulai rewel saat ia tidak nyaman dengan sekitarnya, misalnya kegerahan, lapar, kedinginan, atau popok yang basah. Segera periksa suhu ruangan atau ganti popoknya agar ia merasa nyaman kembali.

2. Memberikan susu

Salah satu penyebab bayi menangis saat ia mulai kelaparan. Pastikan si bayi tidur dalam kondisi kenyang, dan berikan susu secukupnya. Karena jika ia tidur dalam kondisi terlalu kenyang, ini juga tidak baik bagi bayi bahkan bayi bisa sampai gumoh.

3. Mengusap lembut perutnya

Saat tengah malam hari, bayi sering terbangun dan menangis. Bunda tidak perlu langsung buru-buru memberi ASI atau susu. Cobalah mengusap perutnya dengan lembut. Usapan ini akan membuat tubuhnya hangat dan nyaman, sehingga membuatnya cepat terlelap kembali.

4. Menggendong Bayi

Menggendong bayi bisa meningkatkan kedekatan dan keakraban pada bayi. Hal ini membuatnya merasa aman dan nyaman dengan gendongan dan pelukan yang diterimanya, sehingga ia mudah terlelap.

5. Merebahkannya di tangan

Hangatnya tangan bunda bisa membuatnya lebih mudah terlelap. Bunda bisa mengusap tubuhnya atau memberikan tepukan lembut pada bokongnya untuk membantunya tertidur.

6. Tempat yang tenang

Buat ruangan tidurnya setenang mungkin. Meski bayi bisa membiasakan dirinya tertidur meski masih ada suara-suara disekitarnya, tapi ia akan terbangun apabila mendengar suara yang mengagetkan dan membangunkannya.

7. Pilih pakaian tidurnya

Pakaian yang bayi kenakan juga perlu diperhatikan. Pilih pakaian berbahan adem seperti katun agar membuatnya nyaman dan cepat terlelap. Hindari pakaian yang tidak menyerap keringat seperti pakaian berbahan sintetis.

8. Atur cahaya ruangan

Redupkan lampu pada kamar bayi saat malam hari agar bayi bisa belajar membedakan siang dan malam. Hal ini bisa membantu pola tidurnya.

Saat pencahayaan diredupkan, maka bayi akan mudah terlelap. Disamping itu, produksi hormon melatonin yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh juga akan meningkat.

9. Mandi air hangat

Membersihkan tubuh bayi sebelum tidur akan membuatnya nyaman. Pilih air hangat untuk memandikannya, hal ini akan membuatnya semakin cepat terlelap. Rasa hangat yang ia dapat akan membuat aliran dan sirkulasi darah lancar, sehingga akan membuat bayi nyaman.

Demikian informasi tentang cara mudah menidurkan bayi. Semoga bermanfaat untuk ibu ibu yang bayinya masih susah untuk tidur terutama tidur siang, karena ternyata tidur siang mempunyai banyak manfaat untuk perkembangan bayi ibu.

Post a Comment for "Cara Mudah Menidurkan Bayi"