Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Anak Mendengarkan Orangtuanya

Cara Membuat Anak Mendengarkan Orangtuanya
 

Cara Membuat Anak Mendengarkan Orangtuanya. Dalam mendidik anak, membuat anak mendengarkan kita sebagai orang tuanya tak semudah seperti membalikan telapak tangan.

Membesarkan anak menjadi anak yang baik dan penuh sopan santun memang perlu kesabaran yang besar. Terutama dalam masa-masa emasnya sekitar usia 4-12 tahun, dimana kita sebagai orang tua harus membekalinya dengan didikan yang baik. Tentu saja untuk mendidiknya ada trik trik tersendiri agar didikan yang kita ajarkan akan selalu diingatnya.

Berikut trik trik ampuh agar membuat anak mendengarkan orangtuanya:

Hindari untuk memberinya perintah secara berulang-ulang

Sebenarnya tidak ada manfaatnya memerintah anak terus-menerus dan berulang-ulag. Hal ini jutsru akan membuat anak-anak tidak mau mendengarkan orangtuanya.

Cobalah untuk menegaskan apa yang harus ia lakukan, sampai dapat membuatnya mengangguk dan melakukan apa yang diperintahkan.

Gunakan kata-kata manis

Saat hendak memerintahnya, orangtua dapa mensiasatinya dengan menggunakan kata-kata yang manis sehingga membuat si anak suka rela melakukan apa yang orangtuanya perintahkan.

Misalnya dengan kata-kata “anakku yang manis….”, “anak mama yang sholeh….”, “anak baik, seharusnya begini….” Dan sebagainya. Dengan menggunakan kata-kata yang baik dan manis, maka anak akan luluh hatinya dan tergerak untuk memenuhi permintaan orangtuanya.

Memberi imbalan

Pastinya semua orang sangat menyukai imbalan, begitu pula dengan anak kecil. Katakanlah jika ia menjadi anak baik dan mematuhi apa yang diperintahkan, ia akan mendapat imbalan. Misalnya jika ia rajin belajar dan mendapat nilai baik, maka ia akan mendapat imbalan atau hadiah.

Mendengarkan apa yang ia katakan

Jika kita ingin didengarkan, ada baiknya jika kita sebagai orang tua juga belajar mendengarkan si kecil saat mereka berbicara. Dengan begitu mereka akan merasa lebih dihargai dan tentunya akan lebih mudah bagi mereka untuk menghargai dan mematuhi apa yang orang tua katakan.

Jika orang tua tidak mau mendengarkan dan menghargai mereka, bagaimana mereka bisa belajar mendengarkan dan menghargai orang lain.

Jangan memberinya janji palsu

Saat orang tua menjanjikannya imbalan atau hadiah jika ia melakukan hal baik, tentu ia akan termotivasi dan melakukan apa yang orang tua kehendaki. Namun, sekali apa yang dijanjikan padanya tidak terlaksana, maka sulit baginya untuk mempercayai orang tuanya kembali.

Bertindak tegas saat anak salah

Janganlah menjadi orang tua yang lemah dihadapan anak. Saat anak mengetahui bahwa orang tuanya tidak pernah bertindak tegas pada nya, mereka cenderung tidak hormat dan memanfaatkan orang tua.

Memang, setiap orang tua tidak ingin menyakiti perasaan anak-anaknya. Tapi bukan berarti orang tua tidak tegas dan selalu menuruti keinginannya, apalagi saat ia melakukan kesalahan.

Bertindak tegaslah saat anak berbuat kesalahan, tekankan jika nantinya ia mengulangi hal tersebut kembali, ia akan mendapakan konsekuensinya. Dengan begitu anak akan lebih mendengarkan orang tuanya dan menghindari untuk melakukan kesalahan yang sama.

Post a Comment for "Cara Membuat Anak Mendengarkan Orangtuanya"