Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Benjolan di Payudara? Lakukan Hal ini Jika Menemukan

Benjolan di Payudara? Lakukan Hal ini Jika Menemukan

Benjolan di Payudara? Lakukan Hal ini Jika Menemukan. Payudara merupakan salah satu organ tubuh terpenting bagi seorang wanita.

Payudara juga termasuk bagian tubuh yang rentan terhadap penyakit. Sedikit saja terkena virus atau bakteri, maka payudara akan terkena penyakit yang membahayakan wanita itu sendiri.

Salah satu penyakit yang sering kali menjangkiti payudara adalah kanker payudara. Apabila ibu menemukan benjolan di payudara, lakukan hal berikut ini dalam rangka untuk mengetahui apakah ada indikasi terkena kanker payudara atau tidak.

Tidak sedikit wanita yang menganggap bahwa adanya indikasi terkena kanker payudara adalah dengan adanya benjolan pada payudara, padahal tidak semua benjolan pada payudara itu menandakan adanya penyakit berbahaya.

Karena itu, ketika menemukan benjolan di payudara, sebaiknya jangan buru-buru panik, cemas, dan merasa putus asa. Hanya saja, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya jika kita melakukan penanganan sedini mungkin.

Berikut ini beberapa hal yang dilakukan ketika menemukan benjolan di payudara:

1. Cek Kembali dengan Meraba Seluruh Bagian Payudara

Ketika menemukan benjolan di payudara, jangan langsung merasa cemas dan panik. Sebaiknya cek kembali dengan meraba semua area payudara, baik di sisi kanan maupun pada bagian sisi kiri.

Lakukan pengecekan dengan berdiri dan berbaring. Agar lebih pasti, lakukan pengecekan dengan membuka pakaian atau bra. Sentuh dan tekan area payudara dengan perlahan untuk memastikan ukuran serta jumlah benjolan.

2. Memeriksa Kalender Menstruasi

Jangan segera memutuskan benjolan yang ditemukan di area payudara adalah benjolan kanker. Benjolan pada payudara bisa jadi muncul karena siklus bulanan.

Akan tetapi, jika menemukan ketidaknormalan pada payudara setelah periode menstruasi, sebaiknya segera cari informasi mengenai kesehatan wanita yang bisa di dapat dari sumber-sumber terpercaya di internet maupun buku. Jika tidak, bisa langsung di konsultasikan dengan pakar kesehatan untuk mengetahui kondisi yang terjadi.

3. Mengubah Menu Makan

Ketika benjolan di payudara semakin membuat tidak nyaman, namun belum siap atau belum yakin mengunjungi dokter, sebagai penanganan dini, dapat dilakukan dengan mengganti menu diet harian.

Jika biasanya sering mengonsumsi makanan junk food seperti pizza, burger, atau lainnya, segera kurangi sejak sekarang. Hindari juga mengkonsumsi makanan seperti telur, daging ayam, bakso, kulit ayam, serta produk susu. Perbanyak makan seperti sayuran segar, buah, jus, dan lebih banyak mengonsumsi air putih.

4. Hindari Begadang Pada Malam Hari

Kondisi tubuh yang kelelahan dan tidak cukup tidur dapat membuat tubuh menjadi stres. Setidaknya cukupi kebutuhan tidur, yaitu 6-8 jam per harinya untuk membantu tubuh menyembuhkan dan membersihkan sel-sel rusak dalam tubuh.

5. Berani Berkonsultasi

Memang payudara merupakan bagian tubuh yang sangat privat sehingga tak jarang wanita enggan atau sungkan membicarakannya.

Namun jika semakin merasa tidak nyaman dengan benjolan yang ada pada payudara, maka mau tidak mau harus dikonsultasikan kepada ahli medis untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada tubuh anda.

Semakin cepat melakukan konsultasi, maka penanganan juga akan semakin cepat. Dengan begitu, resiko buruk bisa terhindari.

Post a Comment for "Benjolan di Payudara? Lakukan Hal ini Jika Menemukan"