Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bengkuang untuk Ibu Hamil Bahaya Karena Sianida?

Bengkuang untuk Ibu Hamil Bahaya Karena Sianida?
Bengkuang untuk Ibu Hamil Bahaya Karena Sianida? Benarkah? Ada banyak pilihan buah yang baik, yang bisa dikonsumsi selama masa kehamilan.

Selain apel hijau, semangka, tomat, buah naga, dan kelapa hijau, umbi bengkuang juga rupanya memiliki banyak sekali manfaatnya dalam menunjang kesehatan janin.

Bengkuang mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil dan janin selama masa kehamilan. Berikut ini adalah nutrisi serta beberapa manfaat bengkuang untuk ibu hamil

1. Pertumbuhan Tulang dan Gigi Janin

Manfaat bengkuang untuk ibu hamil yang pertama adalah untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin yang ada dalam kandungannya.

Seperti diketahui dari analisis gizi yang sudah dilakukan, bengkoang rupanya merupakan makanan yang mengandung mineral kalsium dan fosfor cukup tinggi.

Kedua mineral ini penting untuk memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi sehingga dapat menghindarkan keluhan osteoporosis dan gangguan gigi pada ibu hamil di kemudian hari.

2. Mencegah Dehidrasi

Bengkuang kaya kandungan air. Mengonsumsinya dapat menghindarkan ibu hamil dari bahaya dehidrasi. Dehidrasi memang sering terjadi apalagi jika keluhan mual dan diare Anda alami. Dehidrasi harus segera diatasi mengingat ia bisa membuat perkembangan bayi terhambat.

Selain mengatasi dehidrasi, bengkuang untuk ibu hamil juga bisa memberikan efek kesegaran. Ia bisa bermanfaat sebagai obat mual untuk ibu hamil dan menjaga kesehatan kulit yang sering menjadi kusam karena perubahan hormon selama masa kehamilan.

3. Melancarkan Pencernaan

Bengkuang memiliki kandungan serat yang tinggi. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah pencernaan seperti susah buang air besar atau diare, konsumsilah buah ini untuk mengatasinya.

Perlu diketahui konsumsi bengkuang selama kehamilan juga bisa membantu mempertahankan berat badan Anda tetap ideal selama dan setelah kehamilan.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selama kehamilan, tubuh Anda biasanya akan menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus dan bakteri. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal ini kekebalan tubuh Anda mutlak perlu ditingkatkan, di mana salah satu caranya adalah dengan banyak mengonsumsi bengkuang.

Bengkuang dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi bisa menjadi alternatif yang lebih baik dibanding jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin C yang Anda peroleh dari apotek.

5. Mengatasi Anemia

Anemia yang terjadi saat hamil bisa membuat janin terlahir prematur dengan berat badan rendah. Anemia juga sering menjadi penyebab keluhan keluhan lain selama kehamilan seperti morning sickness dan kelesuan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mencegah anemia dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi untuk ibu hamil seperti bengkoang misalnya.

6. Obat Maag

Bengkuang untuk ibu hamil juga bisa membantu meredakan masalah kelebihan asam lambung dalam sistem pencernaan. Mengonsumsinya sebelum makan di awal kehamilan akan sangat baik sebagai upaya mencegah kambuhnya maag, heartburn, dan mual.

Demikianlah beberapa manfaat bengkuang untuk ibu hamil yang dapat saya jelaskan. Sesuai dengan pemaparan di atas, kini tentu tak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak menghadirkan umbi yang satu ini di meja makan. Semoga bermanfaat.

 

Post a Comment for "Bengkuang untuk Ibu Hamil Bahaya Karena Sianida?"