Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penggunaan Kontrasepsi

Penggunaan Kontrasepsi

Penggunaan Kontrasepsi. Kontrasepsi adalah penggunaan metode sementara, jangka panjang atau permanen untuk mencegah kehamilan.

Bagi pasangan yang resmi menikah, mungkin penggunaan kontrasepsi hanya sebagai alat kontrol kelahiran. Beberapa bentuk kontrol kelahiran yang tersedia, Anda perlu mengevaluasi metode mana yang terbaik bagi Anda dan pasangan.

Kontrasepsi terdiri dari empat kategori utama, masing-masing dengan keuntungannya sendiri yaitu metode penghalang, metode hormonal, kontrol kelahiran alami, dan sterilisasi.

Berbagai jenis metode penghalang termasuk kondom pria, kondom wanita, diafragma, dan topi serviks. Ini untuk mencegah sperma mencapai saluran reproduksi wanita.

Metode hormonal bergantung pada penggunaan progestin, paling sering dalam kombinasi dengan estrogen. Hormon hormon wanita ini mengatur siklus reproduksi, termasuk periode menstruasi dan ovulasi. Kontrasepsi ini tersedia dalam berbagai pil oral. Pil ini berkerja dengan cara:

- Menekan ovulasi
- Penebalan lendir serviks, mencegah sperma masuk
- Mengubah lapisan rahim, sehingga implantasi telur yang akan dibuahi menjadi kecil kemungkinannya
- Mengurangi akses sperma ke tuba falopi, di mana sel telur dibuahi
- Sangat penting bahwa pil harus diminum setiap hari sesuai petunjuk dan waktu yang tepat.

Jika satu atau lebih pil terlewatkan jadwal minumnya, kemungkinan untuk kehamilan akan meningkat. Dalam situasi ini, dengan penggunaan kontrasepsi tambahan seperti metode penghalang adalah ide yang baik.

Metode pengendalian kelahiran alami tidak menggunakan spermisida, pil, suntikan, atau perangkat lainnya. Salah satu teknik yang dikenal sebagai coitus interruptus yaitu seorang pria harus menarik penis sepenuhnya sebelum terjadinya ejakulasi.

Atau dapat juga memakai sistem kalender, ini tergantung pada siklus menstruasi pasangan wanitanya. Seorang wanita harus benar-benar mengetahui kapan waktu suburnya, waktu dimulainya menstruasi, serta periode menstruasinya.

Sterilisasi adalah suatu pilihan bagi wanita dan laki-laki. Bagi wanita, ini adalah prosedur di mana saluran tuba wanita dipotong dan diikat atau diblokir. Memotong akses sperma menuju sel telur untuk mencegah pembuahan.

Sedangkan bagi laki-laki, vasektomi melibatkan pemotongan tabung yang membawa sperma dari testis ke penis. Penggunaan kontrasepsi metode sterilisasi ini permanen dan tidak dapat diubah kembali.

Post a Comment for "Penggunaan Kontrasepsi"