Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Nanas Untuk Ibu Hamil, Benarkah Dilarang?

Nanas Untuk Ibu Hamil, Benarkah Dilarang?
 

Nanas Untuk Ibu Hamil, Benarkah Dilarang? Nanas menjadi buah yang amat dilarang dikonsumsi oleh ibu hamil. Kondisi itu secara turun temurun ada, namun pro dan kontrapun terjadi.

Ada yang mengatakan bahwa nanas memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, hal ini berarti seharusnya menjadi buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Bagaimana menanggapi pro dan kontra ini. Nanas untuk ibu hamil, benarkah dilarang?

Belum ada penelitian yang menyatakan nanas menjadi buah yang bisa menyebabkan keguguran, namun uji coba pada tikus putih yang diberi ekstrak nanas dalam kurun enam minggu menyebabkan keguguran. Namun, hal ini tidak berlaku pada manusia.

Yang terjadi adalah, ibu hamil yang mengonsumsi nanas kerapkali merasa perutnya mules. Mules itu berasal dari zat bromalin yang dikandung nanas. Zat bromalin memang bisa menimbulkan kontraksi pada rahim dan mulut rahim.

Ketakutan bahaya nanas inilah yang membuat manfaat nanas untuk ibu hamil justru tenggelam.

Beberapa manfaat nanas adalah:

  • Nanas dapat membantu mengencerkan darah.
  • Nanas bisa mengurangi tekanan darah tinggi yang kerap kali diderita ibu hamil.
  • Nanas bisa memperkuat pencernaan.
  • Nanas mampu memurnikan darah.
  • Nanas bisa melawan parasit pada saluran pencernaan.
  • Nanas bisa mencegah pembentukan sel kanker.
  • Nanas memperkuat daya tahan tubuh.
  • Nanas bisa bisa mengurangi stress.
  • Nanas bisa mengurangi stress berdasarkan penelitian wen dan wroslstad dari jurusan ilmu dan teknologi pangan, oregon university pada tahun 2002.

Kandungan serotonin dalam nanas yang berfungsi untuk menghilangkan stress. Serotin merupakan zat neurotransmitter yang berpengaruh banyak pada fungsi otak.

Manfaat lainnya adalah bisa mengontrol selera makan, tidur, ingatan dan belajar, pengaturan suhu tubuh, gairah, kebiasaan, kontraksi otot, hingga depresi.

Namun, walau banyak manfaatnya tentu mengonsumsi dengan takaran yang tepat harus dilakukan ibu hamil. Karena menurut dr.Frizar Irmansyah, spog(k) “Mengonsumsi lebih dari enam butir nanas bisa menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan”

Nah, jadi nanas untuk ibu hamil, benarkah dilarang? Ya, dilarang jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Maka dari itu konsumsilah nanas sewajar nya saja.

Post a Comment for "Nanas Untuk Ibu Hamil, Benarkah Dilarang?"