Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Cedera Lahir pada Bayi

Mengenal Cedera Lahir pada Bayi

Mengenal Cedera Lahir pada Bayi. Sebagai seorang calon ibu tentunya kita harus mengetahui berbagai hal yang menyangkut tumbuh kembang bayi.

Dalam hal ini termasuk juga mengenal cedera lahir pada bayi. Dengan demikian maka kita bisa mencoba untuk menghindari atau paling tidak meminimalisir terjadinya hal tersebut.

Pada kondisi normal terjadinya sebuah cedera kelahiran atau yang dikenal juga dengan trauma kelahiran adalah sesuatu yang biasa. Namun dalam sebuah kasus tertentu hal tersebut menjadi sesuatu yang cukup mengkhawatirkan karena mampu merenggut nyawa dari bayi tersebut.

Cedera lahir atau trauma lahir adalah sebuah kondisi trauma yang diterima oleh bayi pada saat atau dalam proses kelahiran dari bayi tersebut. Penggunaan istilah ini diperuntukkan bagi kondisi bayi yang mengalami trauma mekanik dan anoksik baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Terjadinya sebuah cedera lahir atau trauma pada seorang bayi pada saat persalinan tersebut bukanlah salah siapa-siapa. Hal tersebut bisa saja terjadi meskipun menggunakan tenaga medis yang sudah terlatih dan berpengalaman.

Terjadinya cedera lahir juga tidak bisa disalahkan sepenuhnya pada seorang calon ibu karena memang hal tersebut sangatlah normal terjadi. Untuk kelahiran yang normal maka jalan lahir yang dilalui oleh bayi tersebut cukup untuk memberikan ruang gerak bagi bayi yang akan keluar.

Tetapi dalam kondisi tertentu misalnya jalan lahir sempit atau pun kondisi bayi yang terlalu besar maka bisa menyebabkan terjadinya cedera lahir. Hal tersebut bisa terjadi karena sulitnya proses pengeluaran bayi dari dalam lahir tersebut.

Orang tua yang sedang menunggu kelahiran bayinya, hendaklah mengenal cedera lahir pada bayi sehingga lebih siap jika hal tersebut terjadi. Untuk kelahiran yang normal pun bisa terjadi sebuah cedera kelahiran yang ringan tetapi akan segera membaik dengan sendirinya.

Jika hal ini yang terjadi maka orang tua tidaklah terlalu risau. Sebagai contoh bentuk kepala bayi yang tidak simetris disebabkan proses kelahiran yang terjadi terkendala pada kondisi ibu yang sudah kelelahan sehingga nafas saat mengejan kurang panjang menyebabkan bayi yang sudah berada pada jalan lahir masuk kembali.

Cedera lahir lainnya adalah pada bagian kepala yang serius yang berpengaruh kepada otak. Namun hal tersebut sangatlah jarang terjadi. Cedera lain yang bisa terjadi adalah cidera pada lengan dan selangkangan baik yang sementara maupun permanen.

Dan masih banyak lagi cedera lahir yang terjadi selama proses persalinan. Dengan sedikit mengenal cedera lahir pada bayi akan menjadikan kita sebagai orang tua yang kuat dan tabah tatkalah hal tersebut terjadi dan semoga saja tidak terjadi.

Post a Comment for "Mengenal Cedera Lahir pada Bayi"