Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mengenal Apa Itu Bayi Tabung Beserta Prosesnya

Mengenal Apa Itu Bayi Tabung Beserta Prosesnya

Mengenal Apa Itu Bayi Tabung Beserta Prosesnya. Bayi tabung adalah ada sejumlah sel telur ditumbuhkan dengan memberikan obat hormon lalu diambil langsung dari dalam indung telur sebelum ovulasi dan selanjutnya dibuahi dengan sperma di dalam laboratorium.

Sel telur yang terbuahi dikembangkan di dalam inkubator di laboratorium selama 3 atau 5 hari menjadi embrio. Embrio yang terjadi lalu dipindahkan ke dalam rahim melalui serviks.

Sejarah Penerapan Bayi Tabung Pertama Kali

Pertama kali, teknik ini diterapkan pada tahun 1978 dan berhasil melahirkan bayi perempuan di Inggris. Di Indonesia, teknik ini mulai dikembangkan pada akhir tahun 80an.

Faktor utama dari teknik bayi tabung adalah risiko yang buruk jika pembuahan terjadi dalam rahim sang ibu. Berbeda dengan teknik inseminasi yang dilakukan dengan menyemprotkan sperma ke dalam rahim, teknik ini bisa dikatakan adalah teknologi medis yang modern.

Berikut Ini Merupakan Gambaran Umum Dari Bayi Tabung:

• Pertama-tama, bayi tabung adalah pilihan terakhir yang disarankan oleh dokter. Jadi keputusan ini perlu dipertimbangkan dengan matang.

• Sebelumnya, seorang calon ibu harus menjalani pemeriksaan USG dan saluran telur. Sementara itu, kualitas sperma dari calon ayah juga harus mengalami pemeriksaan serius supaya mendapatkan hasil terbaik.

• Setelah proses disetujui, hal berikutnya adalah dengan pembesaran sel telur dengan penyuntikan obat. Proses ini membutuhkan waktu lama dengan memperhitungkan waktu kesuburan.

• Setelah itu, dilakukan proses pemberian obat untuk menekan hormon-hormon tertentu. Kemudian pengambilan sel telur dari rahim calon ibu.

• Berikutnya adalah mempertemukan sperma dan sel telur di luar tubuh orang tua. Jika telah terjadi pembuahan, akan diambil 2 hingga 3 embrio untuk ditanamkan kembali ke rahim ibu. Ini akan menunggu proses pengembangan embrio di dalam rahim.

• Selanjutnya adalah menunggu hasil dari pembuahan embrio yang telah disuntikkan ke dalam rahim. Di Indonesia, kemungkinan keberhasilan adalah hingga sekitar 30 persen. Bahkan, ada banyak bayi tabung yang rata-rata lahir normal dan tidak mengidap cacat.

Biaya Proses Bayi Tabung

Lalu, berapa besar biaya untuk proses bayi tabung? Diperkirakan bahwa teknik ini akan menyedot anggaran sebesar 40 hingga 70 juta rupiah per siklus. Memang, itu adalah biaya sangat besar jika dibandingkan dengan tingkat ekonomi di Indonesia.

Maka, tak heran jika teknik ini hanya akan menjadi pilihan terakhir bagi sebagian kecil keluarga di Indonesia. Tentunya, akan lebih baik jika kelahiran bisa berjalan dengan normal dan sehat tanpa bantuan dari kecanggihan teknologi modern. Semoga Bermanfaat

Post a Comment for "Mengenal Apa Itu Bayi Tabung Beserta Prosesnya"