Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mencari dan Memahami Panduan Senam Hamil Termudah

Mencari dan Memahami Panduan Senam Hamil Termudah

Mencari dan Memahami Panduan Senam Hamil Termudah. Bagi Anda yang sekarang sedang mengandung buah hati Anda, berikut adalah panduan senam hamil termudah yang dapat Anda praktek kan sehari – hari di rumah atau di manapun Anda berada atau beraktivitas sehari – hari.

Panduan Senam Hamil Praktis

Pada dasarnya, seorang ibu hamil memang disarankan untuk tetap melakukan aktivitas ringan selama masa kehamilan. Namun sebelum Anda mempraktek kan hal ini, tentu Anda harus mengkonsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter kandungan Anda.

Beberapa perempuan harus istirahat total dan menghindari pekerjaan yang melelahkan bahkan sekedar aktivitas ringan. Ini tentu dikembalikan pada bagaimana kondisi kesehatan janin dan kekuatan rahim sang Ibu.

Beberapa perempuan dikaruniai kekuatan fisik yang normal bahkan lebih sehingga walaupun digunakan beraktivitas luar biasa pun tetap sehat dan rahim juga kuat.

Mungkin beberapa orang bahkan benar – benar harus beristirahat total selama kehamilan. Kondisi – kondisi ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum Anda melakukan senam hamil.

Pada dasarnya, senam hamil adalah senam pernapasan yang tidak hanya menguatkan pernapasan Ibu namun juga buah hati di dalam kandungan. Senam hamil juga memungkinkan Anda berinteraksi dengan bayi dalam kandungan Anda sehingga akan membuat Anda dan sang bayi semakin dekat.

Dan aktivitas – aktivitas semacam ini akan membuat tubuh Ibu semakin sehat dan sekaligus dapat membantu melancarkan proses kelahiran. Ibu yang terbiasa melakukan senam hamil dan teratur melakukan senam tersebut akan lebih siap dalam menghadapi proses kelahiran buah hatinya.

Lalu bagaimanakah panduan senam yang tepat dan aman untuk ibu hamil? Berikut adalah panduan dasar untuk senam bagi ibu – ibu hamil.

Apa Saja Panduan Senam Hamil Paling Dasar Yang Bisa Anda Lakukan?
Untuk memulai melakukan senam hamil, ada beberapa hal yang harus disiapkan, antara lain:

1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Yang pertama kali perlu Anda siapkan adalah pakaian yang nyaman yaitu pakaian berbahan kaus katun yang lembut dan menyerap keringat. Hal ini penting untuk membantu Anda tetap merasa nyaman selama maupun setelah melakukan gerakan-gerakan senam hamil Anda.

2. Alas Senam

Setelah Anda mengenakan pakaian yang tepat dan nyaman, selanjutnya siapkan alas untuk senam. Anda bisa memilih alas yang terbuat dari bahan busa yang ketebalannya cukup untuk memberikan kenyamanan Anda dan bayi dalam kandungan Anda saat melakukan senam.

3. Pilih yang Nyaman

Setelah itu siapkan musik untuk mengiringi Anda selama melakukan gerakan senam hamil.

4. Air Putih dan Handuk

Siapkan juga air putih dan handuk di dekat tempat Anda akan melakukan senam. Hal ini untuk memudahkan Anda jika sewaktu-waktu Anda ingin minum atau ingin mengelap keringat selama melakukan senam hamil tersebut.

5. Nah, sekarang Anda siap untuk memulai senam hamil Anda.

Gerakan – gerakan pada senam hamil sangatlah ringan, sebagai berikut:

Mulailah dengan duduk santai di alas dengan posisi duduk bersila. Awali dengan menarik napas panjang secara perlahan dengan posisi tangan berada di atas kedua lutut. Lakukan hingga 8 kali hitungan.


Setelah itu, lanjutkan dengan menggerakkan kedua tangan ke atas secara perlahan – lahan hingga keduanya berada di atas kepala. Lakukan sambil menarik napas perlahan – lahan. Ulangi gerakan ini selama 8 kali hitungan.

Selanjutnya letakkan kedua tangan Anda di belakang kepala seperti akan melakukan peregangan, tahan hingga 8 kali hitungan, lalu turunkan perlahan – lahan sambil membuang napas panjang. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali saja.

Setelah melakukan gerakan peregangan ringan, ubah posisi duduk Anda. Kali ini lakukan duduk dengan kedua kaki dalam posisi setengah dilipat ke depan dan kedua tangan menyangga di samping badan sedikit ke belakang. Dalam posisi ini lakukan pernafasan panjang secara perlahan – lahan, ulangi hingga 8 kali hitungan.

Bagi Anda yang belum pernah melakukan senam hamil sama sekali, coba lakukan dan praktekkan gerakan sederhana di atas selama beberapa hari. Jika Anda sudah terbiasa, tambahkan hitungan menjadi dua kali delapan hitungan untuk masing – masing gerakan.

Namun sebelum melakukan atau meningkatkan gerakan dari hitungan delapan ke hitungan dua kali delapan, pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda. Dokter akan memeriksa kondisi kandungan Anda terlebih dahulu untuk kemudian menyarankan yang lebih tepat bagi Anda.

Jika dokter mengatakan bahwa Anda bisa meningkatkan gerakan Anda, maka Anda bisa mulai dengan gerakan tersebut dan sesudahnya juga saat Anda akan menambahkan gerakan lain dalam senam hamil, harus selalu dalam pengawasan dokter.

Dokter kandungan sekarang tidak hanya memeriksa kondisi kandungan Anda tapi juga akan menyampaikan informasi aktivitas – aktivitas apa yang boleh dilakukan dan yang sebaiknya tidak dilakukan terlebih dahulu.

Sebagai contoh, menyapu rumah secara perlahan – lahan dan tidak buru – buru boleh dilakukan namun tetap harus memperhatikan kondisi Anda, jangan sampai kelelahan. Selamat mencoba panduan senam hamil ini sederhana dan mempraktek kan nya setiap hari.

Post a Comment for "Mencari dan Memahami Panduan Senam Hamil Termudah"