Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Mempersiapkan Program Kehamilan

Mempersiapkan Program Kehamilan

Mempersiapkan Program Kehamilan. Kehamilan adalah salah satu proses alami yang dialami hampir seluruh perempuan. Namun sayangnya banyak perempuan yang kurang beruntung yang hanya untuk hamil saja sangat sulit.

Berbagai gangguan kerap ditemui perempuan, mulai dari rahim yang lemah, penyakit berat yang menyulitkan kehamilan, obesitas dan lain-lain. Tak perlu khawatir berkepanjangan, Anda masih bisa terus mengupayakan kehamilan dengan mempersiapkan program kehamilan dengan baik.

Berikut langkah-langkah dalam mempersiapkan program kehamilan yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kehamilan yang berkualitas. Anda dan janin pun selalu sehat hingga proses persalinan tiba.

Lakukan Medical Check Up

Mempersiapkan program kehamilan dimulai dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh atau medical check up yang berguna untuk mengetahui apakah tubuh Anda mengidap penyakit tertentu yang membahayakan kehamilan dan janin.

Misalnya beberapa penyakit yang mengganggu kesejahteraan dan tumbuh kembang janin di kandungan seperti penyakit toxoplasma, herpes, virus rubella, hepatitis, virus HIV dan aids.

Adapun penyakit penyakit lain yang bisa mengganggu kehamilan yaitu asma, jantung dan diabetes mellitus. Pemeriksaan kesehatan sebelum terjadinya kehamilan akan membantu bagaimana tim dokter dan Anda bersikap saat kehamilan terjadi nanti.

Persiapkan Mental

Mempersiapkan program kehamilan tentunya tak lepas dari persiapan mental untuk menghadapi proses kehamilan, persalinan hingga mengurus bayi adalah kejadian yang sangat menguji mental Anda.

Kesabaran Anda akan sangat diuji pada tiga fase berantai itu karena perubahan hormonal yang terjadi akan membuat emosi Anda naik turun. Berpikir positif selalu, meminta dukungan keluarga dan pasangan serta banyak berdoa kepada Yang Maha Kuasa akan menjaga perasaan Anda lebih tenang dan rileks.

Bekali diri Anda dengan pengetahuan seputar kehamilan, persiapan persalinan dan bagaimana mengurus bayi dengan baik. Hal itu akan sangat membantu menenangkan pikiran Anda dari serbuan mitos-mitos kehamilan yang dapat membuat Anda sangat khawatir.

Persiapan Keuangan

Mempersiapkan keuangan adalah salah satu hal yang terpenting dari persiapan kehamilan. Tidak dipungkiri bahwa selama Anda hamil, melahirkan hingga mengurus bayi nanti akan sangat membutuhkan biaya yang lumayan sehingga Anda sangat butuh untuk mempersiapkan keuangan Anda.

Persiapkan hal ini sejak jauh-jauh hari agar Anda tidak bingung saat menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Misalnya, mempersiapkan uang untuk biaya operasi caesar meski Anda yakin bisa melahirkan dengan normal.

Post a Comment for "Mempersiapkan Program Kehamilan"