Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kolesterol Tinggi Saat Hamil

Kolesterol Tinggi Saat Hamil

Kolesterol Tinggi Saat Hamil. Setiap orang tua pasti ingin hadirnya seorang anak yang akan menjadi anggota baru keluarga mereka.

Karena itu anda yang saat ini sedang merasakan kehamilan wajib untuk bersyukur kepada Tuhan karena tidak semua orang diberikan rezeki hebat sama seperti yang anda alami sekarang ini. Nah berbicara tentang kehamilan ada satu hal yang cukup sering dipikirkan oleh para ibu yaitu bagaimanakah bila kadar kolesterol tinggi saat hamil.

Ya, saat anda hamil anda diharuskan mengonsumsi makanan secara sehat dan terkadang agak ekstra agar janin anda bisa tumbuh dengan normal, sehat dan juga cerdas.

Memang kadar kolesterol khususnya LDL (kolesterol jahat) yang berlebih akan membuat anda terserang penyakit kolesterol dan ini akan sangat berbahaya jika dibiarkan. Nah biasanya kejadian kolesterol yang meningkat cukup drastis ini sering kali dialami oleh para ibu yang sedang hamil.

Ya, saat hamil para ibu diwajibkan untuk mengonsumsi beberapa makanan berkarbohidrat dan ber protein tinggi agar bisa memenuhi kebutuhan dari sang janin. Nah apakah kolesterol yang tinggi ini nantinya bisa berbahaya atau justru baik bagi kehamilan sang ibu?

Kolesterol jahat atau LDL ini sangat berbahaya apabila jumlahnya berlebih pada wanita dewasa yang sedang tidak hamil, akan tetapi jumlah LDL yang berlebih justru akan sangat dibutuhkan bagi wanita yang sedang hamil.

Dengan kata lain LDL berlebih justru baik bagi wanita hamil. Mengapa begitu? Ini dikarenakan LDL mempunyai peran penting dalam pembentukan steroid, dimana zat inilah yang nantinya akan mendukung proses kehamilan.

Bahkan beberapa dokter mengatakan bahwa kekurangan LDL pada ibu hamil akan bisa menyebabkan adanya kelainan saat pembentukan kelamin dan beberapa fungsi lainnya.

Para ahli pun mengatakan bahwa kolesterol tinggi saat hamil justru dibutuhkan dan sangat dianjurkan ibu untuk banyak mengonsumsi makanan berprotein tinggi, karbohidrat serta sayur-sayuran dan buah.

Akan tetapi perlu anda ketahui juga bahwa ada batasan normal kadar kolesterol untuk ibu hamil dimana LDL yang normal adalah : 149 mg/dL jadi apabila anda memiliki kadar kolesterol lebih dari itu maka saatnya anda untuk mengatur kembali pola makan anda.

Biasanya kejadian kolesterol yang meningkat secara drastis ini terjadi pada usia kehamilan minggu ke 32. Saat memasuki usia ini, para ibu diwajibkan untuk melakukan pengecekan kadar kolesterol karena hampir setiap ibu hamil pasti mengalami ini.

Namun anda tidak perlu khawatir karena biasanya setelah anda melahirkan kadar kolesterol anda akan turun dengan sendirinya. Ya, ini karena tubuh anda memiliki system autoregulasi.

Kolesterol pada saat anda sedang hamil memang sangat penting tapi anda juga perlu memperhatikan kadarnya. Kadar kolesterol tinggi saat hamil biasanya meningkat sekitar 10-20% jadi pastikan anda bisa menjaga angka ini karena jika tidak anda bisa mengalami gangguan saat sedang hamil ataupun melahirkan.

Post a Comment for "Kolesterol Tinggi Saat Hamil"