Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ketahui Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Anda

Ketahui Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Anda

Ketahui Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Anda. Donor darah merupakan salah satu tren di masyarakat. Meningkatnya kebutuhan darah setiap tahunnya melatar belakangi kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darahnya.

Tak sedikit pula masyarakat yang menganggap donor darah sebagai sarana beramal. Nah, sesungguhnya, donor darah memiliki segudang manfaat. Wah, apa saja manfaat donor darah tersebut?

Sebelum Anda mengetahui keuntungan dari donor darah, Anda juga harus mengetahui syarat-syarat donor darah. Anda harus memiliki berat badan yang cukup, tekanan darah harus normal, tidak tengah mengkonsumsi obat-obatan, tidak mengidap penyakit menular.

Tak hanya itu, bagi pendonor perempuan, Anda tidak boleh mendonorkan darah apabila tengah menstruasi atau belum lama selesai dari periode menstruasi Anda.

Terdapat beberapa manfaat donor darah yang akan menguntungkan baik bagi resipien (penerima) dan pendonor. Bagi penerima, darah yang diberikan sangat bermanfaat untuk memperkuat tubuh mereka.

Tak hanya itu, darah yang diterima akan sangat bermanfaat untuk menyelamatkan nyawa pasien. Sebagai contoh, pasien penderita penyakit Demam Berdarah, thalassemia mayor, perdarahan akibat melahirkan serta perdarahan akibat kecelakaan fatal akan tertolong nyawanya melalui darah yang didonorkan.

Bagi penerima donor, satu kantong darah yang sesuai dengan golongan darah dan rhesusnya akan sangat menentukan bagi kehidupannya. Oleh karenanya, gerakan untuk memotivasi masyarakat agar mendonorkan darah nya semakin gencar.

Tak hanya itu, pendonor juga akan memperoleh manfaat dari kegiatan donor darah yang diikuti. Berikut adalah manfaat yang Anda peroleh apabila Anda rutin melakukan donor darah:

  • Pertama, para pendonor darah akan memiliki jantung yang lebih kuat daripada orang yang jarang mendonorkan darahnya.
  • Kedua, pendonor juga akan terhindar dari resiko kanker dikarenakan konsistensi donor darah yang dilakukan.
  • Ketiga, sel-sel darah dalam tubuh pendonor juga akan rutin diperbaharui sehingga tubuh menjadi lebih segar.
  • Keempat, donor darah juga terbukti mampu membakar kalori secara teratur. Pembakaran kalori ini penting, lho, bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan.
  • Kelima, donor darah juga mencegah penuaan dini, sehingga Anda tampak jauh lebih muda.

Nah, bagaimana dengan manfaat donor darah tersebut? Awalnya Anda mungkin akan merasa takut dengan ukuran jarum yang besar, namun apabila Anda sudah terbiasa, Anda tentu akan merasakan manfaatnya bagi kesehatan tubuh Anda sendiri

Posting Komentar untuk "Ketahui Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Anda"