Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Tepat Mengatasi Morning Sicknes

Cara Tepat Mengatasi Morning Sicknes

Cara Tepat Mengatasi Morning Sicknes. Morning sickness atau dikenal dengan mual dan muntah yang dialami seorang ibu hamil merupakan gejala yang umum terjadi pada tiga bulan pertama masa awal kehamilan.

Gejala ini beragam pada setiap ibu hamil, mulai dari yang ringan hingga berat sehingga membutuhkan pertolongan medik atau perawatan di rumah sakit.

Oleh karena itu pengetahuan yang cukup akan membantu ibu hamil untuk menangani kondisi tersebut sedini mungkin agar tidak membahayakan ibu dan janin.

Berikut Kami Uraikan Beberapa Tips Untuk Mengatasi Morning Sickness:

Mengatur Pola Makan

Pada awal kehamilan, ibu akan sulit untuk memenuhi nutrisi karna adanya perasaan mual. Oleh sebab itu, aturlah pola makan dengan menerapkan pola “sedikit makan tetapi sering”.

Dalam hal ini, ibu perlu mengurangi porsi makanan agar lambung tidak penuh sehingga produksi asam lambung yang dapat mempengaruhi perasaan mual tersebut dapat diminimalisir.

Jadi ibu hamil bisa makan 4-5 kali sehari dalam porsi kecil.

Menghindari Aroma Yang Berbau Tajam

Panca indra ibu yang sedang hamil terkadang begitu sensitif terutama penciuman.

Oleh karna itu, ibu harus menghindari makanan yang beraroma tajam seperti ikan yang berbau amis, tempat atau lingkungan yang tidak kondusif seperti pasar tradisional dan juga parfum yang menyengat.

Sebaiknya ibu menyediakan parfum atau pengharum ruangan yang beraroma segar sehingga menjaga penciuman ibu tetap baik.

Istirahat Yang Cukup

Penting bagi ibu untuk menjaga dan memenuhi jam tidur setiap harinya. Karna perasaan yang lelah akan menurunkan toleransi ibu terhadap berbagai hal yang dapat memicu stres yang selanjutnya dapat mengakibatkan ibu kesulitan untuk mengkonsumsi makanan.

Perut yang tidak terisi dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih sehingga mengakibatkan rasa mual.

Menjaga Kebersihan

Biasakan untuk menyikat gigi setelah makan agar mulut senantiasa segar. Selain itu, ibu juga perlu mengganti pakaian dalam sesering mungkin untuk mencegah area tersebut lembab karena meningkatnya frekuensi berkemih.

Sebaiknya ibu menyediakan pencuci tangan tanpa bilas agar tangan ibu tetap bersih karna tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering menyentuh dan berhubungan langsung dengan makanan.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat penting bagi tubuh untuk proses metabolisme. Selain itu, dapat berfungsi untuk mengatasi dehidrasi pada ibu yang mengalami mual dan muntah.

Minum air putih dalam jumlah yang banyak juga dapat membantu ibu mengatasi susah buang air besar karna pada sebagian ibu hamil kadang mengalami masalah tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Tepat Mengatasi Morning Sicknes"