Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Beberapa Metode Pemeriksaan Kesuburan Wanita

Beberapa Metode Pemeriksaan Kesuburan Wanita

Beberapa Metode Pemeriksaan Kesuburan Wanita. Ketika ingin merencanakan kehamilan, maka langkah yang sangat tepat untuk pertama kali sebelum memulainya adalah dengan memeriksakan diri mengenai masalah kesehatan dan tingkat kesuburan, baik dari pihak istri maupun suami.

Terutama pada pasangan yang sudah satu tahun atau lebih berumah tangga tetapi belum dikaruniai seorang anak. Untuk itu mengunjungi dan konsultasi dengan dokter ahli kandungan atau spesialis obstetric gynekologi (SpOG) untuk sejumlah pemeriksaan mengenai masalah kesuburan.

Hal ini dimaksudnya selain untuk mengetahui masalah tingkat kesuburan, juga merencanakan untuk dapat memperoleh kehamilan yang sehat.

Untuk memperoleh hasil pemeriksaan yang baik maka, perlu meginformasikan kesehatan seakurat mungkin. Mulai dari jadwal menstruasi, lama periode menstruasi berlangsung, atau jika ada gangguan dalam siklus menstruasi.

Demikian juga dengan informasi mengenai hubungan intim, apakah ada riwayat penyakit seksual. Dan bersikaplah terbuka, agar bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Nah ada beberapa macam pemeriksaan yang harus dilakukan untuk mengecek tingkat kesuburan?.

Berikut adalah beberapa tes atau pemeriksaan yang dilakukan pada wanita:

Tes Darah

Hasil tes darah ini untuk mengetahui produksi hormon, antara lain thyroid stimulating hormon (TSH), follicle stimulating hormone (FSH), luteinizing hormone (LH), estrogen, prolaktin, dan terkadang adanya hormon androgen yang berlebih atau progesteron.

Tes Tantangan Clomiphene

Tes ini bertujuan untuk melacak bagaimana fungsi rahim dan bagaimana rahim akan merespon berbagai pengobatan kesuburan.

Biasanya pada hari ke-5 siklus menstruasi, pasien diminta untuk mengonsumsi obat bernama selama 5 hari, pada hari ke-10, dokter akan mengetes kembali level hormon.

Hasilnya akan menentukan seberapa efektif pengobatan yang akan diberikan.

Grafik Catatan Suhu Basal Tubuh.

Dokter akan meminta Mama mencatat suhu tubuh pagi hari selama kurang lebih satu bulan. Saat mengalami ovulasi, biasanya suhu tubuh akan sedikit meningkat.

Biopsi Endometrial.

Pada pemeriksaan ini, dokter akan mengambil sepotong kecil bagian dari jaringan endometrial, dan harus dilakukan menjelang masa menstruasi.

Prosedur ini akan sedikit tidak nyaman dan kemungkinan harus melakukan ini beberapa kali, jadi kuatkan mental dan minta dukungan pasangan dalam menjalaninya.

Hysterosalpingogram (HSG).

Merupakan prosedur sinar X yang membuat dokter bisa melihat apakah tuba falopi tidak ada sumbatan atau perlengketan pada tuba fallopi.

Juga untuk mendeteksi apakah kontur dan bentuk bagian dalam rahim normal ataukah ada gangguan misalnya polip, fibroid, luka parut atau kondisi tidak normal lainnya yang bisa pengaruhi kesuburan.

USG transvaginal

Untuk mengetahui apakah ada perkembangan sel telur bisa menjadi matang sehingga siap dibuahi ataukah sel telur tidak berkembang. Dan juga untuk mengetahui apakah ada kista atau tidak.

Tes Pasca Seks

Biasanya sebelum tes, pasangan akan diminta untuk melakukan hubungan intim di hari tertentu di antara siklus menstruasi. Dalam 24 jam, dokter mengumpulkan sample cairan vagina untuk mengetahui pergerakan sperma.

Posting Komentar untuk "Beberapa Metode Pemeriksaan Kesuburan Wanita"